Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/101501
Title: Manajemen Rekrutmen Tenaga Pendidik (Guru) di TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember
Authors: KHUTOBAH
SYAIFUDDIN
MUSYAYYADAH
Keywords: MANAJEMEN REKRUTMEN
TENAGA PENDIDIK
GURU
TK BINA ANAPRASA NURIS
Issue Date: 2020
Series/Report no.: 160210205031;
Abstract: Manajemen rekrutmen tenaga pendidik (guru) merupakan usaha dan upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam mengatur pelaksanaan penerimaan tenaga pendidik baru dengan tujuan untuk mendapatkan tenaga pendidik (guru) yang berkualitas dan berkompeten di bidangnya. Dengan tenaga pendidik (guru) yang berkualitas maka akan berdampak pada kualitas dan mutu pendidikan sekolah. Manajemen rekrutmen tenaga pendidik (guru) dapat dilakukan oleh kepala sekolah dengan melakukan beberapa tahapan yakni perencanaan calon tenaga pendidik (guru), pendaftaran calon tenaga pendidik (guru), seleksi calon tenaga pendidik (guru), pengangkatan calon tenaga pendidik (guru), penempatan tenaga pendidik (guru) dan SOP rekrutmen calon tenaga pendidik (guru). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan manajemen rekrutmen tenaga pendidik (guru) di TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen rekrutmen tenaga pendidik (guru) di TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan kepala yayasan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan diketahui bahwa manajemen rekrutmen tenaga pendidik (guru) yang dilakukan di TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember secara keseluruhan sudah dilaksanakan dengan baik. Kemampuan dan pemahaman kepala sekolah dan kepala yayasan serta guru-guru yang juga ikut memberikan masukan kepada kepala sekolah sangat mempengaruhi keberhasilan dalam pelaksanaan manajemen rekrutmen tenaga pendidik (guru) agar sesuai dengan tujuan yakni mendapatkan tenaga pendidik (guru) yang berkualitas dan berkompeten serta akan berdampak pada kualitas dan mutu pendidikan sekolah. Tahap-tahap pelaksanaan manajemen rekrutmen terdiri dari perencanaan calon tenaga pendidik (guru) meliputi menentukan identifikasi kebutuhan, menentukan deskripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan, tahap kedua yaitu pendaftaran calon tenaga pendidik (guru) meliputi pendaftaran dari sumber internal dan sumber eksternal, tahap ketiga yaitu seleksi calon tenaga pendidik (guru) meliputi seleksi administrasi, tes wawancara, tes microteaching dan tes mengaji, tahap keempat yaitu pengangkatan calon tenaga pendidik (guru) meliputi pengalaman kerja dan S1 PGPaud, Psikologi dan PGRA atau PGTK, tahap kelima yaitu penempatan tenaga pendidik (guru) meliputi prosedur penempatan dan yang terakhir yaitu SOP rekrutmen calon tenaga pendidik (guru) meliputi mengajukan permohonan, membuat pengumuman, masa training, menjadi guru tidak tetap (GTT) dan menjadi guru tetap yayasan (GTY). Pelaksanaan manajemen rekrutmen tenaga pendidik (guru) yang baik maka akan mendapatkan tenaga pendidik (guru) yang berkualitas dan berkompeten di bidangnya. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa manajemen rekrutmen tenaga pendidik (guru) di TK Bina Anaprasa Nuris Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember terlaksana dengan baik. Saran yang dapat diberikan kepada kepala sekolah adalah hendaknya kepala sekolah lebih mengembangkan dan menyalurkan ide atau kemampuannya dalam mengatur pelaksanaan manajemen rekrutmen tenaga pendidik (guru) agar mendapatkan tenaga pendidik (guru) yang berkualitas dan berkompeten di bidangnya.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101501
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MUSYAYYADAH - 160210205031_.pdf2.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools