Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/101499
Title: Etnomatematika Pada Motif Batik Khas Jember Sebagai Bahan Lembar Kerja Siswa Kelas IV
Authors: SUGIARTI, Titik S
HUTAMA, Fajar Surya
PUTRI, Intan Saskia
Keywords: Etnomatematika
Motif Batik Khas Jember
Lembar Kerja
Issue Date: 2020
Series/Report no.: 160210204120;
Abstract: Batik merupakan salah satu dari keberagaman budaya yang dimiliki Indonesia. Pulau Jawa di Indonesia merupakan tempat lahirnya karya seni batik yang dianggap sebagai warisan budaya Indonesia. Batik tidak hanya menyebar di kota-kota besar, namun sampai tersebar dari ujung barat sampai ujung timur pulau Jawa. Batik khas di Kabupaten Jember merupakan salah satu kesenian batik yang terdapat di ujung pulau Jawa dengan memiliki motif khasnya sendiri. Motif khas yang dimiliki oleh Kabupaten Jember yakni motif tembakau, di mana Kabupaten Jember terkenal SDA dari sentra produksi tembakau. Seiring berjalannya waktu, Kabupaten Jember juga mengusung motif khas Jember lainnya seperti motif kopi dan motif kakao. Etnomatematika merupakan pendekatan yang mengaitkan budaya dengan matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan antara etnomatematika pada motif batik khas Jember dengan materi geometri bidang garis, sudut dan bangun datar yang dikembangkan dalam bentuk Lembar Kerja Siswa di kelas IV SD. Penelitian ini dilakukan di Rumah Batik Rolla Jember, yang terletak di Desa Jember Lor, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Penelitian ini memfokuskan pada beberapa objek yakni motif tembakau, motif kopi, dan motif kakao, batik cap khas Jember dalam proses pembuatan pola batik hingga pada kegiatan isen-isen. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat unsur matematika pada motif batik khas Jember dan terdapat aktivitas etnomatematika dalam proses pembuatan desain dan isen-isen pada batik khas Jember di Rumah Batik Rolla Jember. Unsur-unsur matematika tersebut yaitu garis lengkung yang sejajar pada isen-isen sebagai ruang motif yang kosong, pada motif kakao sebagai ciri khas bentuk kopi asli, pada batik cap, garis berpotongan merupakan hasil dari gabungan bentuk pola segitiga, dan pada pola bagian kain batik, garis lurus dan sejajar berfungsi sebagai kerah dan lengan. Batik khas Jember yang terdapat unsur matematika berupa sudut yakni, motif ghodong mbako pada bagian tangkai dan tulang daun dan pada bentuk pola segitiga pada cap batik. Sudut-sudut yang dihasilkan yakni, sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul. Motif batik khas Jember yang menghasilkan unsur matematika berupa bangun datar yakni, motif kopi dengan pola yang membentuk menyerupai lingkaran, pada batik cap dengan pola yang membentuk segitiga dan pada motif ghodong mbako, bagian tulang daun membentuk bangun datar segiempat dan segitiga. Produk hasil dari penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa kelas IV SD dengan mengaitkan materi geometri garis, sudut dan bangun datar yang terdiri KI, KD, indikator pencapaian, ringkasan materi terkait bidang garis, sudut dan bangun datar, deskripsi mengenai motif ghodong mbako,motif kopi, motif kakao dan batik cap khas Jember dan 12 soal uraian terkait bidang garis, sudut, dan bangun datar yang ada pada motif ghodong mbako, motif kakao, motif kopi dan batik cap khas Jember yang berbasis open minded dengan menyesuaikan dengan kurikulum 2013. Soal maupun permasalahan didasarkan dengan etnomatematika pada motif batik khas Jember.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101499
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
INTAN SASKIA PUTRI - 160210204120_.pdf2.94 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools