Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/101492
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | FITRIYAH, Chumi Zahroul | - |
dc.contributor.advisor | FINALI, Zetti | - |
dc.contributor.author | PRISADENA, Clariza Zakiah P | - |
dc.date.accessioned | 2020-11-02T02:45:49Z | - |
dc.date.available | 2020-11-02T02:45:49Z | - |
dc.date.issued | 2020 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101492 | - |
dc.description.abstract | Sumber belajar merupakan elemen penopang dalam kegiatan belajar mengajar. Terdiri dari berbagai bentuk, ada yang berbentuk cetak, non cetak dan lain sebagainya. Sumber belajar dapat berupa buku, subjek, objek dan lainnya yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu sumber belajar yang paling dominan penggunaannya adalah buku. Melalui buku teks, peserta didik diharapkan mampu belajar secara mandiri dengan menemukan sendiri, berpikir kreatif dan aktif, serta kritis dalam menanggapi permasalahan terkait materi pembelajaran. Pada penyajian buku teks akan sangat efisien apabila disesuaikan dengan kemampuan kognitif pembacanya. Oleh sebab itu, guru perlu menelaah atau menganalisis isi buku, baik materi maupun latihan soal didalamnya. Menurut hasil Indonesian National Assessment Program (INAP) Pusat Penilaian Pendidikan (2016) merekomendasikan supaya peserta didik dibiasakan pada beragam bentuk soal secara seimbang. Selain itu peserta didik juga dibiasakan dengan beragam bentuk domain kognitif secara proporsional agar peserta didik terbiasa berpikir dari tingkat rendah hingga tinggi. Hasil wawancara yang dilakukan dengan guru kelas V SDN Gumelar 02, guru belum pernah menganalisis latihan soal yang ada dalam buku siswa. Hal serupa juga diungkapkan oleh Rinawati dan Utami (2013) yang menyatakan bahwa mayoritas soal latihan dalam buku siswa bersifat prosedural dan belum memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan mengevaluasi, menganalisis maupun mencipta. Rumusan masalah pada penelitian aini adalah bagaimanakah persentase dimensi proses kognitif latihan soal pada buku siswa kelas V tema 2 Kurikulum 2013 Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dimensi proses kognitif latihan soal pada pada buku siswa kelas V tema 2 terpadu Kurikulum 2013 berdasarkan taksonomi Bloom. Dalam pendidikan terdapat tiga ranah yang dijadikan penilaian, yakni ranah afektif, kognitif dan psikomotor. Ranah kognitif berkaitan dengan kemampuan berpikir. Taksonomi Bloom revisi Anderson dan Krathwohl meliputi enam kategori yakni mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Selanjutnya kemampuan berpikir taksonomi Bloom dibedakan menjadi kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTs) dan kemampuan berpikir tingkat rendah (LOTs). Menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta merupakan ranah kognitif kategori HOTs. Sedangkan mengingat, memahami, dan menerapkan merupakan ranah kognitif kategori LOTs. HOTs memprioritaskan pada pembelajaran yang merangsang peserta didik untuk mempunyai logika knowing how dan memerlukan keterampilan belajar yang saling bertautan, sedangkan LOTs lebih mengarah pada knowing what. Hasil analisis tingkat kognitif latihan soal pada buku siswa kelas V tema 2 yang terdiri dari 155 latihan soal adalah 76,7% atau 119 soal merupakan soal tingkat rendah dan 23,3% atau 36 soal merupakan soal tingkat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa latihan soal belum dapat dikatakan baik karena dalam penyebarannya kurang merata antara kategori mudah, sedang, dan sulit. Jumlah tersebut kurang seimbang mengingat di kelas V seharusnya memiliki latihan soal dengan kategori berpikir tingkat tinggi yang lebih banyak daripada kategori berpikir tingkat rendah. Namun secara keseluruhan, latihan soal pada buku siswa kelas V tema 2 telah mencakup keenam jenjang kognitif dan telah mencakup pertanyaan dengan kategori mudah, sedang dan sulit. Bagi peneliti lain yang ingin melanjutkan penelitian menggunakan latihan soal hendaknya dapat ditambahkan indikator lain seperti dimensi pengetahuan yang memuat pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan metakognitif | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 160210204051; | - |
dc.subject | Dimensi | en_US |
dc.subject | Kognitif | en_US |
dc.subject | Taksonomi Bloom | en_US |
dc.title | Analisis Dimensi Proses Kognitif Latihan Soal Pada Buku Siswa Kelas V Tema 2 Berdasarkan Taksonomi Bloom | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Clariza Zakiah Prisadena - 160210204051_.pdf | 4.51 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools