Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/101450
Title: | Kemampuan Visual Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Shape and Space Berdasarkan Gaya Belajar |
Authors: | Sugiarti, Titik Monalisa, Lioni Anka Isnaini, Nur |
Keywords: | Visual Spasial Siswa Soal PISA Konten Shape and Space Gaya Belajar |
Issue Date: | 5-May-2020 |
Publisher: | Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Kemampuan visual spasial adalah kemampuan yang mencakup kemampuan berpikir dalam gambar, serta kemampuan untuk menyerap, mengubah, dan menciptakan kembali berbagai macam aspek dunia visual spasial. Karaktertistik kemampuan visual spasial yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari pencarian pola, pengkonsepan, pemecahan masalah, dan pengimajinasian. Setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda dalam menerima informasi atau memberikan respon terhadap suatu permasalahan khususnya dalam mata pelajaran matematika. Perbedaan tersebut dapat didasari karena tipe gaya belajar siswa yang berbeda-beda. Gaya belajar adalah salah satu unsur penting yang perlu diperhatikan dalam proses belajar mengajar. Gaya belajar yang dimiliki individu menentukan bagaimana individu tersebut mampu menyerap berbagai informasi yang diberikan. Tipe gaya belajar siswa dapat dibedakan menjadi tiga yaitu visual, auditorial, dan kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan visual spasial siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten shape and space berdasarkan gaya belajar ditinjau dari ketercapaian karakteristik kemampuan visual spasial. Pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 8-9 Januari 2020 di SMA Negeri 2 Tanggul kelas X MIPA 3 dengan jumlah 34 siswa. Pemilihan subjek penelitian sebanyak 6 siswa, yang terdiri dari 2 siswa dari masing-masing gaya belajar berdasarkan kesamaan pencapaian karakteristik kemampuan visual spasial yang ditampilkan masingmasing gaya belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, metode tes dan metode wawancara. Instrumen penelitian berupa angket gaya belajar, soal tes PISA konten shape and space, pedoman wawancara, serta lembar validasi. Keseluruhan instrumen ini telah diuji validasi dan telah dinyatakan valid. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan pada keenam subjek penelitian, karakteristik kemampuan visual spasial yang memenuhi dari setiap tipe gaya belajar berbeda-beda. Secara keseluruhan pencapaian karakteristik kemampuan visual spasial siswa dalam setiap gaya belajar dalam penelitian ini keenam subjek penelitian mampu membayangkan objek yang menjadi permasalahan dan mampu menggunakan idenya dalam menyelesaikan permasalahn geometri, namun subjek auditorial dan subjek kinestetik tidak mampu dalam menggunakan konsep dan menggunakan pola dalam menyelesaikan soal. Pada karakteristik pencarian pola subjek visual dapat menemukan pola dengan melihat susunan gambar dan mampu menggunakan pola karena telah memahami pola bilangan pada perkalian dan perpangkatan, sedangkan subjek auditorial dan subjek kinestetik dapat menemukan pola dengan tepat namun kesulitan dalam menjelaskan penggunaan pola karena tidak memahami pola bilangannya. Pada karakteristik pengkonsepan subjek visual dan subjek auditorial dapat menerapkan konsep serta menghubungkan antara data dan konsep yang telah dimiliki sedangkan subjek kinestetik hanya mampu menghubungkan satu konsep saja dan ada konsep lain yang tidak dipahami sehingga hasil pengerjaan tidak benar. Pada karakteristik pemecahan masalah dan pengimajinasian subjek visual, subjek auditorial, maupun subjek kinestetik mampu menggunakan idenya dan menentukan gambar bentuk lain yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pada soal. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101450 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
NUR ISNAINI-160210101072.pdf | 2.57 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools