Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/10143
Title: TINDAK TUTUR TIDAK LANGSUNG DALAM DIALOG PARA TOKOH FILM “GRAMMAR SUROBOYOAN” KARYA M. SHOLIKIN
Authors: Dhimas Asih Kusuma Persadha
Keywords: Tutur Tidak Langsung, Dialog, Tokoh Film
Issue Date: 18-Dec-2013
Series/Report no.: 070210402077;
Abstract: Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data penelitian berupa tuturan dialog dalam film Grammar Suroboyoan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data dilakukan dengan identifikasi data, klasifikasi data, kemudian dilanjutkan dengan interpretasi dan pembahasan data. Hasil dan pembahasan penelitian ini dimulai dengan memaparkan dan menganalisis bentuk dan fungsi tindak tutur tidak langsung dialog para tokoh dalam film Grammar Suroboyoan. Bentuk tindak tutur pada suatu tuturan dapat diketahui dari cara penuturan tuturan dan konteks yang melingkupi tuturan tersebut. Bentuk tuturan tersebut antara lain: bentuk deklaratif, imperatif, interogratif, dan empatik. Fungsi tindak tutur dipengaruhi oleh maksud dari tuturan tersebut, tiap tuturannya memiliki makna yang berbeda-beda satu sama lain, seperti mempengaruhi, mengelabui, memaksa, menyindir, dll. Fungsi dalam tuturan tersebut antara lain: fungsi direktif, ekspresif dan representatif. Kesimpulannya, bentuk tindak tutur tidak langsung yang ditemukan dalam film Grammar Suroboyoan yang berbentuk tuturan deklaratif sejumlah 9 data, tuturan berbentuk introgratif sejumlah 7 data, tuturan berbentuk empatik sejumlah 5 data, dan tuturan berbentuk imperatif sejumlah 6 data. Fungsi Tindak Tutur dalam film Grammar Suroboyoan meliputi beberapa fungsi tuturan antara lain 1) fungsi direktif sejumlah 12 tuturan yang berfungsi memerintah, menyarankan, meminta, meyakinkan; 2) fungsi ekspresif sejumlah 6 tuturan yang berfungsi meremehkan dan menyindir; 3) fungsi representatif 12 tuturan yang berfungsi meyakinkan, mengakui dan menunjukkan. Saran bagi guru Bahasa Indonesia, penelitian ini bisa dijadikan sebagai referensi pembelajaran keterampilan menyimak Bahasa Indonesia untuk siswa SMA kelas X.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10143
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_1.pdf403.96 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools