Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/101340
Title: Administrasi Pembukaan Rekening Giro Rupiah Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Jember
Authors: Farida, Lilik
Arumwangi, Karina Puspa
Keywords: ADMINISTRASI PEMBUKAAN REKENING
Issue Date: 18-Jun-2020
Publisher: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jember
Abstract: Dalam perkembangan jaman modern saat ini, industri perbankan merupakan komponen yang sangat penting dalam perekonomian demi menjaga keseimbangan dan kemajuan ekonomi nasional. Stabilitas industri perbankan mempengaruhi perekonomian secara keseluruhan. Oleh karena itu bank mempunyai peran penting untuk membiayai pertumbuhan ekonomi dan mendorong perekonomian menjadi lebih efisien dan dinamis. Menurut Undang-Undang Perbankan Nomor 10 tahun 1998 bahwa bank adalah badan usaha yang berfungsi menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau juga bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat. Tujuan perbankan adalah untuk menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas nasional kearah peningkatan kesejahteraan rakyat. Bank merupakan lembaga keuangan yang menjadi tempat bagi perusahaan, badan-badan pemerintah, swasta maupun perorangan dalam kegiatan menyimpan dana. Dan salah satu bank di Jawa Timur yang menyediakan layanan tersebut adalah PT Bank Rakyat Indonesia yang ada di Jember. PT. Bank Rakyat Indonesia adalah bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau “Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto”, suatu lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Lembaga tersebut berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI. Salah satu Bank Rakyat Indonesia di Jawa Timur itu sendiri yaitu Bank Rakyat Indonesia Cabang Jember memberikan fasilitas atau layanan untuk nasabah yaitu tabungan, deposito dan giro. Giro adalah simpanan pihak ketiga dalam mata uang rupiah (IDR) dan valas yang penarikannya dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan menggunakan cek atau bilyet giro. Banyak perusahaan membutuhkan jasa simpanan giro ini untuk membantu melancarkan bisnisnya apalagi dalam hal transaksi keuangannya. Tidak hanya perusahaan saja tetapi karyawan dan pengusaha lainnya juga membutuhkan. Nasabah bisa membuka rekening giro pada bank dengan ketentuan-ketentuan yang telah ditentukan dan dapat bertransaksi dimana saja dengan jumlah uang yang cukup besar, serta menikmati segala fasilitas yang diberikan rekening giro kepada nasabah giro. Contohnya adalah Rekening Giro PT Bank Rakyat Indonesia mendapatkan keuntungan yaitu kartu giro BRI dilengkapi dengan fasilitas kartu ATM atau debit untuk memudahkan transaksi nasabah, dan fasilitas lainnya yang diberikan yaitu BRI Virtual Account (Briva) dan fasilitas e-banking yaitu mobile banking dan internet banking. Berdasarkan uraian tersebut, maka Laporan Praktek Kerja Nyata ini mengambil judul ”Administrasi Pembukaan Rekening Giro Rupiah Pada PT Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk Cabang Jember”.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101340
Appears in Collections:DP-Financial Accounting

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Karina Puspa Arumwangi Sdh.pdf1.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.