Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/101290
Title: Pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring) Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa SMA
Authors: Budi, Sri Handono P
Subiki
FAQLILLAH, Maulidatul
Keywords: REACT
Berpikir Kritis
Issue Date: 2020
Publisher: PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER
Abstract: Fisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang gejala alam secara sistematis sehingga pembelajaran fisika bukan hanya untuk penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep atau prinsip saja melainkan juga merupakan suatu proses penemuan, sehingga siswa dituntut untuk dapat berpikir kritis dan kreatif. Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa yaitu model pembelajaran kontekstual. Pembelajaran konstektual (Contextual Teaching and Learning) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan materi antara yang diajarkan dengan dunia nyata. Model pembelajaran REACT dilaksanakan dengan menghubungkan pembelajaran di kelas dengan situasi nyata (relating), menekankan pada bentuk pengalaman (experiencing) dan kerjasama siswa (cooperating), mempresentasikan pembelajaran dalam pemanfaatan (applying), serta memanfaatkan pengetahuan dalam situasi baru (transferring).. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengkaji pengaruh model pembelajaran REACT terhadap hasil belajar dalam pembelajaran fisika di SMA, (2) mengkaji pengaruh model pembelajaran REACT terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran fisika di SMA.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101290
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Maulidatul Faqlillah - 160210102020_1.pdf7.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools