Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/10127
Title: Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kedisiplinan Pegawai di Kantor PT PLN (Persero) Area Jember
Authors: Abdul Ghony
Keywords: kepuasan kerja, kedisiplinan pegawai
Issue Date: 18-Dec-2013
Series/Report no.: 080910201050;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh kepuasan kerja terhadap kedisiplinan pegawai di Kantor PT PLN (Persero) Area Jember. Keberhasilan pencapaian tujuan organisasi tidak akan terlepas dari peran kedisiplinan pegawai di dalamnya. Kedisiplinan pegawai akan membuat tujuan organisasi tercapai secara efektif dan efisien dan sebaliknya ketidakdisiplinan pegawai akan menghambat pencapaian tujuan organisasi. Banyak faktor yang mempengaruhi kedisiplinan pegawai di dalam sebuah organisasi, penelitian ini memfokuskan pada kepuasan kerja. Kepuasan kerja merupakan bagian penting bagi pegawai dan organisasi, karena pegawai yang merasakan kepuasan kerja akan bertindak positif dalam bekerja dan pada akhirnya akan membuat tujuan organisasi tercapai secara efektif dan efisien. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh kepuasan kerja terhadap kedisiplinan pegawai di Kantor PT PLN (Persero) Area Jember?”. Penelitian ini berlokasi di Kantor PT PLN (Persero) Area Jember dan dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 2012 sampai dengan 10 Januari 2013. Penelitan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian asosiatif hubungan kausal. Responden dalam penelitian ini adalah pegawai Kantor PT PLN (Persero) Area Jember. Data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan teknik wawancara dan kuisioner, sedangkan data sekunder diperoleh melalui teknik dokumentasi. Sampel dipilih dengan teknik sampel jenuh dan kuisioner disebar kepada responden anggota sampel jenuh ini. Data primer yang sudah terkumpul dianalisis secara deskriptif dan secara statistik menggunakan teknik korelasi Rank Sperman (r s) . Hasil analisis data Hasil analisis data secara statistik menunjukan r s = 0,5429 dan hasil uji signifikansi dengan dk=54 𝛼 = 5% diperoleh t hitumg lebih besar dari t yaitu 4,75 > 2,000. Dengan demikian hipotesis nol (H o ix tabel ) ditolak dan hipotesis kerja (H ) diterima artinya ada pengaruh antara kepuasan kerja terhadap kedisiplinan pegawai di Kantor PT PLN (Persero) Area Jember. Jadi teori yang digunakan dalam penelitian ini dapat berlaku di Kantor PT PLN (Persero) Area Jember.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10127
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Abdul Ghony - 080910201050_1.pdf382.55 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools