Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/10123
Title: MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS X-4 SMAN 1 TANGGUL JEMBER DALAM MENGAPRESIASI CERITAPENDEK DENGAN TEKNIKTEATER PIKIRAN
Authors: Anita Kurniawati
Keywords: Mengapresiasi Cerita Pendek, Teknik Teater Pikiran
Issue Date: 18-Dec-2013
Series/Report no.: 070210482002;
Abstract: Hasil dalam penelitian ini kemampuan mengapresiasi cerpen siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Tanggul dengan menggunakan teknik teater pikiran mengalami peningkatan. Peningkatan mengapresiasi cerpen dilihat dari hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Pada tahap prasiklus, siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dalam mengapresiasi cerpen dengan nilai 75 adalah 39% atau 16 siswa dari 41 siswa, dan pada siklus I siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dalam mengapresiasi cerpen dengan nilai 75 adalah 95% atau 37 siswa dari 39 siswa. Bagi 2 siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) diberikan bimbingan secara individu. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran mengapresiasi cerpen pada siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Tanggul dengan menggunakan teknik teater pikiran berlangsung dengan sistem pembelajaran kognitif, emotif, dan reflektif. Kemampuan mengapresiasi cerpen mengalami peningkatan, yaitu pada prasiklus 39%, dan siklus I 95% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Selanjutnya saran yang diberikan yaitu 1) Guru bahasa Indonesia, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai teknik pembelajaran untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan mengapresiasi cerpen, dan 2) Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dijadikan sebagai masukan untuk mengembangkan penelitian selanjutnya dengan menggunakan teknik teater pikiran.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10123
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_1.pdf597.74 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools