Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100949
Title: Implementasi Alat Permainan Edukatif Pop Up Book untuk Meningkatkan Pengetahuan Anak Tentang Budaya Osing di TK Negeri Pembina Banyuwangi
Authors: BUDYAWATI, Luh Putu Indah
KHUTOBAH, Khutobah
Keywords: APE
Pop Up Book
Budaya Osing
Issue Date: 28-Jul-2018
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - UNEJ
Abstract: Alat permainan edukatif (APE) yang diimplementasikan dalam penelitian ini berupa Pop Up Book dengan tema Budaya Osing. Kebudayaan merupakan salah satu aset kearifan lokal bangsa Indonesia yang patut untuk dilestarikan secara turun temurun sebagai identitas bangsa agar tidak punah di era globalisasi ini. Osing merupakan salah satu budaya lokal di Banyuwangi yang harus dikenalkan sejak dini. Tujuan dari penelitian ini adalah memberi pemecahan masalah pada peningkatan pengetahuan tentang budaya Osing pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan berupa Penelitian Tindakan (Action Research) yang dilakukan dalam bentuk siklus tindakan. Penelitian ini secara teoritik memiliki manfaat meningkatkan pengetahuan anak tentang budaya Osing sedangkan secara aplikatif hasil penelitian ini bisa dimanfaatkan dalam pendidikan anak khususnya dalam meningkatkan pengetahuan budaya Osing melalui implementasi APE Pop Up Book. Keberhasilan desiminasi hasil penelitian ini pada masyarakat luas akan menguatkan keilmuan pendidikan anak usia dini yang dikembangkan pada lingkup universitas, sehingga perguruan tinggi akan menjadi pusat penemuan solusi dari permasalahan yang ada di masyarakat.
Description: Dipresentasikan dalam kegiatan Seminar Nasional dalam Rangka Sewindu APGPAUD 28-29 Juli 2018 di Bandung
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100949
Appears in Collections:LSP-Papers

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. KIP_Makalah_Luh Putu Indah B_IMPLEMENTASI ALAT PERMAINAN EDUKATIF POP UP BOOK.pdf714.59 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.