Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100668
Title: Hubungan Antara Aktivitas Pembelajaran Terbimbing oleh Guru dan Mandiri Siswa dalam Mengakses Materi Biologi Secara Online Terhadap Hasil Belajar (Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Jembrana Bali
Authors: Subchan, Wachju
Hariyadi, Slamet
HIKMAH, Elok Amanatul
Keywords: Aktivitas Pembelajaran Terbimbing
Guru
Mandiri Siswa
Hasil Belajar
Issue Date: 30-Jan-2019
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Perkembangan teknologi yang semakin pesat di era globalisasi saat ini tidak dapat dihindari pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Era globalisasi ini menuntut dunia pendidikan untuk senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Perkembangan teknologi khususnya dalam bidang informasi dan komunikasi telah membawa perubahan yang sangat besar bagi kemajuan dunia pendidikan (Darmawati, 2017). Banyak dari peserta didik yang memiliki ketergantungan tinggi terhadap internet, dari hasil penelitian I Made Kirna, tahun 2017 diketahui bahwa“96% siswa kelas XI dari 7 SMA di Bali (SMAN 1 Gianyar, SMAN 1 Karangasem, SMAN 1 Singaraja, SMAN 1 Kuta Utara, SMAN 1 Kediri Tabanan, SMAN 2 Semarapura dan SMAN 5 Denpasar) aktif dalam menggunakan internet dan 75,7% siswa menyatakan bahwa selalu menggunakan internet dalam pembelajaran di luar maupun di dalam kelas serta 71,1% siswa menyatakan bahwa internet sangat membantu dalam proses pembelajaran”. Dari penelitian yang dilakukan oleh I Gede Aditya Pradnyana, tahun 2016 diketahui bahwa “14 guru dari 23 SMA di Kabupaten Buleleng telah menggunakan internet dalam pembelajaran di kelas secara terbimbing”. Hal tersebut, terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pada penelitian sebelumnya yang dilaksanakan di SMPN 3 Singaraja, oleh Ni Nyoman Lisna Handayani dkk. Dari 307 siswa kelas VIII (10 kelas) diperoleh hasil yaitu, x rata-rata nilai siswa yang menggunakan pembelajaran mandiri (e-learning) mengalami peningkatan sebesar 29,54%-36,03%, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Aktivitas Pembelajaran Terbimbing Siswa oleh Guru dan Mandiri Siswa dalam Mengakses Materi Biologi secara Online serta Hubungannya dengan Hasil Belajar Siswa (Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Jembrana Bali). Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif eksploratif. SMA Negeri yang dapat dijadikan subjek penelitian adalah SMA Negeri 1 Melaya, SMA Negeri 1 Negara dan SMA Negeri 1 Mendoyo, Kelas X MIPA yang digunakan sebagai subjek penelitian ditentukan oleh guru mata pelajaran berdasarkan syarat penelitian yang telah ditetapkan yaitu kelas X MIPA yang seluruh siswanya memiliki sarana dan prasarana dalam mengakses internet yaitu HP atau Laptop dan guru selalu atau sering menggunakan internet dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa berupa nilai ulangan harian pada BAB Ekosistem yang selanjutnya akan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan program SPSS 15.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas pembelajaran terbimbing siswa oleh guru dalam mengakses materi Biologi secara online pada BAB 10 (Ekosistem) berdasarkan indikator yaitu motivasi dalam mengakses materi secara online yang berasal dari guru memiliki skor 78,5 yang diklasifikasikan “Sangat Baik” kecuali pada kelas X MIPA 6 di SMA Negeri 1 Negara yang diklasifikasikan “Baik”, guru menentukan materi yang diakses siswa secara online memiliki skor 68,3 yang diklasifikasikan “Baik”, evaluasi pembelajaran ditentukan oleh guru memiliki skor 73,6 yang diklasifikasikan “Baik” kecuali pada kelas X MIPA 6 di SMA Negeri 1 Negara dan X MIPA 2 di SMA Negeri 1 Mendoyo yang diklasifikasikan “Sangat Baik”, guru menjelaskan materi yang diakses siswa secara online memiliki skor 74,4 yang diklasifikasikan “Sangat Baik” kecuali pada kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 1 Melaya dan X MIPA 2 di SMA Negeri 1 Mendoyo yang diklasifikasikan “Baik”, sedangkan guru menyimpulkan materi yang diakses siswa secara online memiliki skor 69,8 yang diklasifikasikan “Baik”. Jadi, dapat disimpulkan bahwa aktivitas pembelajaran terbimbing oleh guru xi dalam mengakses materi secara online sebagian besar terpusat pada motivasi dalam mengakses materi yang berasal dari guru dan guru menjelaskan materi yang diakses siswa secara online, sedangkan aktivitas pembelajaran mandiri siswa dalam mengakses materi Biologi secara online pada BAB 10 (Ekosistem) berdasarkan indikator yaitu motivasi dalam mengakses materi secara online berasal dari siswa, penentuan materi yang diakses secara online berasal dari siswa, evaluasi ditentukan oleh siswa dengan bantuan internet, materi yang diakses siswa dapat membuat siswa memahami materi secara lebih baik dan pemahaman serta sikap siswa terhadap konsep internet sebagai sumber belajar dapat diklasifikasikan “Sangat Baik”. Jadi, dapat disimpulkan bahwa inventarisasi aktivitas pembelajaran mandiri siswa dalam mengakses materi secara online merata pada seluruh indikator tersebut. Aktivitas pembelajaran terbimbing oleh guru dalam mengakses materi secara online di SMA Negeri 1 Melaya, SMA Negeri 1 Negara dan SMA Negeri 1 Mendoyo kabupaten Jembrana Bali, pada BAB Ekosistem memiliki hubungan positif (searah) yang sangat signifikan (sig=0,000) terhadap hasil belajar, dengan derajat hubungan “lemah” atau nilai r berada di antara 0,200- 0,399, sedangkan aktivitas pembelajaran mandiri siswa dalam mengakses materi secara online di SMA Negeri 1 Melaya, SMA Negeri 1 Negara dan SMA Negeri 1 Mendoyo kabupaten Jembrana Bali, pada BAB Ekosistem memiliki hubungan positif (searah) yang sangat signifikan (sig=0,000) terhadap hasil belajar, dengan derajat hubungan “kuat” atau nilai r berada di antara 0,600-0,799.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100668
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Elok Amanatul Hikmah-140210103104.pdf5.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools