Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100635
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorFARIDA, Lilik-
dc.contributor.authorRACHMANSYAH, RENDY ARIF-
dc.date.accessioned2020-08-24T07:39:50Z-
dc.date.available2020-08-24T07:39:50Z-
dc.date.issued2019-12-18-
dc.identifier.nimNIM 150803102034-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100635-
dc.description.abstractPT. Asursansi Jiwasraya adalah bahan usaha milik indonesia yang bergerak disektor asuransi. PT. Asuransi Jiwasraya bertujuan untuk menanggung orang terhadap kerugian finalnisal terduga dan tak terduga yang disebabkan oleh meningal dunia pada waktu muda atau meninggal dunia pada waktu tua. Berdasarkan pengamatan dan praktek secara langsung yang telah dilakukan selama melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Nyata (PKN) kurang lebih selama satu bulan jam kerja pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Jember maka dapat ditarik kesimpulan yaitu : 1. Administrasi Pengajuan Pendaftaran Js Prestasi pada Pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Jember harus melalui beberapa tahapan yaitu : a. Pengisian Surat Permintaan Asuransi Jiwa (SPAJ) oleh calon pemegang polis, serta menyerahkan foto copy KTP, foto setengah badan, dan foto copy rekening ATM b. Agen menerima Surat Permintaan Asuransi Jiwa (SPAJ) yang telah diisi lengkap beserta syarat – syaratnya dari calon pemegang polis c. Agen menyerahkan Surat Permintaan Asuransi Jiwa (SPAJ) calon pemegang polis kepada Seksi Operasional d. Seksi Operasional menyerahkan Surat Permintaan Asuransi Jiwa (SPAJ) kepada seksi Pertanggungan untuk mengentry klien, Proposal, dan Approval. e. Setelah calon pemegang polis membayar premi, Seksi Pertanggungan akan mengakseptasi dan mencetak polis f. Calon pemegang polis mendapat SMS Permohonan asuransi di akseptasi dan polis akan segera dikirim g. Setelah calon pemegang polis menerima SMS permohonan Asuransi diterima, polis pun telah dikirim h. Setelah calon pemegang polis menerima polis dan tanda terima polis, claon pemegang polis menyerahkan tanda terima polis melalui agen dengan ketentuan maksimal 7 hari setelah polis diterima i. Tanda terima polis untuk disahkan diterima oleh kepala sie bagian pertanggungan. 2. Administrasi pengajuan klaim JS Prestasi pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Jember harus melalui beberapa tahapan yaitu : a. Mengambil dan mengisi formulir klaim Tebus/ Ekspirasi/ Jatuh Tempo Beasiswa/ Redemption yang manaformulir tersebut diisi oleh pemegang polis b. Pemegang polis datang langsung ke kantor PT.Asuransi Jiwasraya (Persero) c. Pihak PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) memverifikasi berkas-berkas yang diserahkan untuk syarat administrasi klaim d. Jika syarat administrasi telah dinyatakan lengkap oleh pihak PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) maka selanjutnya akan dilakukan pengajuan Tebus/ Ekspirasi/ Jatuh Tempo Beasiswa/ Redemption dan mentransfer manfaat pemegang polis. 3. Dokumen-dokumen yang digunakan dalam pengajuan klaim JS Prestasi PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) yaitu bukti pembayaran premi terakhir, polis asli, fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotocopy buku rekening dan formulir permintaan transfer. Administrasi pengajuan klaim meninggal dunia pertanggungan perseorangan JS Prestasi pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero), untuk administrasinya tidak jauh berbeda dengan klaim tahapan yang membedakan yaitu untuk dokumen-dokumen yang dibutuhkan saat pengajuan klaim hanya menambahkan fotocopy Kartu Keluarga (KK), surat kematian dari instansi berwenang, surat keterangan sebab meninggal dunia dari dokter yang merawat tertanggung, catatan medis/ resume medis tertanggung, surat keterangan/ berita acara kepolisian, surat kuasa pemaparan isi rekam medis dari ahli waris, dan kronologi kematian dari ahli waris tertanggung diketahui ketua RT/ RW setempat yang dibuat diatas materai apabila tertanggung meninggal dunia di rumah. 51 4. Identifikasi Masalah Kurangnya pemahaman dan minat masyarakat terhadap program asuransi ternyata masih rendah. Hal ini membuat pandangan asuransi terlihat kurang baik, padahal jika dipahami baik-baik banyak sekali manfaat yang diperoleh dalam asuransi. Dalam pelaksanaan administrasi klaim meninggal dunia PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Jember, terdapat beberapa kekurangan yakni dalam melengkapi berbagai persyaratan dokumen dari pihak rumah sakit atau kepolisian.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Ekonomi Dan Bisnisen_US
dc.subjectKLAIM INDIVIDUen_US
dc.subjectPT. ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO)en_US
dc.subjectJS PRESTASIen_US
dc.titleAdministrasi Klaim Individu Js Prestasi Pt. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiADMINISTRASI KEUANGAN-
dc.identifier.kodeprodi0803102-
Appears in Collections:Diploma Programme - Faculty of Economics

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
RENDY ARIF RACHMANSYAH 150803102034.pdf3.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.