Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100615
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSuhartiningsih-
dc.contributor.advisorBudyawati, Luh Putu Indah-
dc.contributor.authorMAULINDA, Luvitasari Dwi-
dc.date.accessioned2020-08-24T04:19:26Z-
dc.date.available2020-08-24T04:19:26Z-
dc.date.issued2019-10-03-
dc.identifier.nimNIM 150210205027-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100615-
dc.description.abstractPola asuh orang tua adalah cara atau sikap orang tua dalam berinteraksi dengan anak untuk membentuk pribadi anak sesuai dengan harapan orang tua. Dalam membentuk pribadi anak orang tua melakukannya dengan berbagai cara dalam membimbing, mengarahkan, menuntun anak untuk menjadi pribadi, seseorang yang dapat di terima sebagai masyarakat yang baik. Ada 3 jenis pola asuh orang tua yaitu pola asuh demokratis, pola asuh otoriter, dan pola asuh permisif. Tiga jenis pola asuh tersebut secara umum sudah mewakili cara, sikap orang tua untuk berinteraksi dalam mengasuh anak-anaknya. Pola asuh orang tua yang diterapkan oleh orang tua memiliki kaitan pada perkembangan anak, sebab orang tua adalah seorang tokoh identifikasi. Artinya anak meniru apapun yang dilakukan oleh orang tua termasuk dalam kemampuan bicara anak meniru dari orang tuanya. Kemampuan bicara adalah kemampuan mengekspresikan untuk menyampaikan bunyi dan kata dari gagasan, pikiran, dan perasaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan bicara adalah motif/motivasi, kebiasaan belajar, komponen kebahasaan, komponen isi, dan sikap mental. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan bicara anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Watukebo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan bicara anak Kelompok B di TK Aisyiyah Busthanul Athfal 01 Watukebo, Desa Andongsari, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Penelitian dilakukan di kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Watukebo Desa Andongsari Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Responden penelitian ini berjumlah 34 orang tua. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan analisis dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi tata jenjang atau Rank Spearman. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan pola asuh orang tua terhadap kemampuan bicara anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Watukebo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Hasil tersebut diperoleh dari perhitungan dengan menggunakan bantuan SPSS menggunakan rumus tata jenjang dengan = 0,609. Nilai signifikansi sebesar 0,000, karena nilai 0,000 ≤ nilai 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Hₐ diterima dan Hₒ ditolak. Saran untuk orang tua yaitu memberikan kesempatan kepada anak untuk bercerita tentang pengalaman maupun perasaan agar kemampuan berbicara anak lebih terbuka. Saran untuk guru yaitu membangun kemitraan dengan orang tua supaya orang tua ikut mengambil kesempatan menstimulasi anak berbicara di lingkungan keluarga.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPOLA ASUH ORANG TUAen_US
dc.subjectKEMAMPUAN BICARA ANAKen_US
dc.titleHubungan Pola asuh Orang Tua dengan Kemampuan Bicara Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Watukebo, Desa Andongsari, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019.en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPG PAUD-
dc.identifier.kodeprodi0210205-
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Luvitasari Dwi Maulinda-150210205027.pdf1.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools