Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100599
Title: Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di SDN Sumbersari Tahun Ajaran 2018/2019
Authors: Mardiati, Yayuk
Finali, Zerti
ERMAWATI, Ely
Keywords: Media Pembelajaran
Pembelajaran Tematik Terpadu
Issue Date: 3-Jan-2019
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran tematik dapat membantu guru dalam penyampaian materi pembelajaran kepada siswa sehingga pembelajaran dapat berlangsung efektif dan efisien. Pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran tematik sangat dianjurkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut dapat tercapai. Akan tetapi, terdapat beberapa guru yang tidak menggunakan media pembelajaran sebagai sarana dalam penyampaian materi pembelajaran. Penelitian ini memfokuskan pada pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran tematik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran tematik di SDN Sumbersari 01 Jember tahun ajaran 2018/2019? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran tematik di SDN Sumbersari 01 Jember tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Jember. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SDN Sumbersari 01 Jember yang berjumlah 12 guru. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas: (1) mengelompokkan data berdasarkan variabel dan jenis responden; (2) mentabulasi data berdasarkan variabel dari seluruh responden; (3) menyajikan data pada setiap variabel yang diteliti; (4) melakukan perhitungan untuk menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran tematik di SDN Sumbersari 01 Jember berada pada kategori “baik x sekali” sebesar 0.00% (tidak ada), kategori “baik” sebesar 50.00% (6 guru), kategori “sedang” sebesar 25.00% (3 guru), kategori “kurang” sebesar 16.67% (2 guru), dan kategori “kurang sekali” 8.33% (1 guru). Jenis media visual berada pada kategori “baik sekali” sebesar 8.33% (1 guru), kategori “baik” sebesar 0.00% (tidak ada), kategori “sedang” sebesar 66.67% (8 guru), kategori “kurang” sebesar 16.67% (2 guru), dan kategori “kurang sekali” sebesar 8.33% (1 guru). Jenis media audio berada pada kategori “baik sekali” sebesar 0% (tidak ada), kategori “baik” sebesar 25.0% (3 guru), kategori “sedang” sebesar 58.34% (7 guru), kategori “kurang” sebesar 8.33% (1 guru), dan kategori “kurang sekali” sebesar 8.33% (1 guru). Jenis media audio visual berada pada kategori “baik sekali” sebesar 0% (tidak ada), kategori “baik” sebesar 33.33% (4 guru), kategori “sedang” sebesar 25.00% (3 guru), kategori “kurang” sebesar 41.67% (5 guru), dan kategori “kurang sekali” sebesar 0% (tidak ada). Jenis media komputer berada pada kategori “baik sekali” sebesar 0.00% (tidak ada), kategori “baik” sebesar 41.67% (5 guru), kategori “sedang” sebesar 33.33% (4 guru), kategori “kurang” sebesar 16.67% (2 guru), dan kategori “kurang sekali” sebesar 8.33% (1 guru). Adapun saran dalam penelitian ini, yaitu: (1) bagi guru disarankan agar memanfaatkan media pembelajaran dalam setiap pembelajaran agar siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran sehingga siswa dapat memahami materi yang disampaikan; (2) bagi sekolah diharapkan dapat menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan guru dalam pembelajaran yang memanfaatkan media pembelajaran; (3) bagi peneliti lain, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi untuk mengembangkan penelitian yang akan dilakukan selanjutnya.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100599
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ely Ermawati-hr.pdf5.86 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools