Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100541
Title: Penerapan Model Pembelajaran ARIAS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan
Authors: Sugiarti, Titik
Hutama, Fajar Surya
FEBRIYANA, Okki Furi
Keywords: ARIAS
Model Pembelajaran
Hasil Belajar
Issue Date: 1-Jul-2019
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Berdasarkan hasil wawancara dan observasi hari Senin dan Selasa, tanggal 20-21 November 2017 di SDN Bintoro 01 Jember, pada pembelajaran matematika menjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Menurut guru, siswa masih kesulitan dalam pembelajaran matematika, sehingga guru harus mengulang materi yang telah dijelaskan. Aktivitas siswa saat pembelajaran cenderung pasif, jarang sekali ada siswa yang menjawab maupun merespon ketika guru bertanya tentang materi yang telah dipelajari. Tentang materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan, kebanyakan siswa dapat dengan mudah memahami penjumlahan, namun sedikit yang dapat memahami pengurangan, sehingga pada saat mengerjakan tugas banyak yang tidak bisa. Bersadarkan dokumentasi nilai UTS semester I tahun pelajaran 2017/2018 bahwa rata-rata hasil belajar siswa 60,53 dengan kriteria cukup. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dilakukan penelitian dengan judul penerapan model pembelajaran ARIAS pokok bahasan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran ARIAS pada pokok bahasan operasi penjumlahan dan pengurangan?, (2) berapa persenkah aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran model ARIAS pada pokok bahasan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan?, (3) berapakah rata-rata hasil belajar siswa dalam pembelajaran model ARIAS pada pokok bahasan opaerasi penjumlahan dan pengurangan? Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Siklus I dilakukan pada hari Kamis, tanggal 23 November 2018 dengan durasi waktu 3 jam pelajaran dan dilaksanakan siklus II pada hari Senin, tanggal 27 November 2018 dengan durasi 3 jam pelajaran, siklus II dilakukan guna memperbaiki kekurangan-kekurangan pada siklus I. Target pencapaian aktivitas dan hasil belajar siswa berada pada kategori sangat aktif dan baik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Bintoro 01 Jember semester I tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 17 perempuan. Persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 61,78% dengan kriteria aktif. Persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus II sudah meningkat menjadi 80,22% dengan kriteria sangat aktif. Rata–rata hasil belajar siswa kelas III pada siklus I mencapai 71,53 dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat menjadi 82,7 dengan kriteria baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang berkaitan dengan penerapan model pembelajaran ARIAS pokok bahasan operasi penjumlahan dan pengurangan yaitu hendaknya guru sesekali menggunakan media yang kreatif dan inovatif, sehingga dapat menarik minat siswa untuk lebih memperhatikan pembelajaran dan agar siswa lebih mudah memahami pembelajran. Media yang digunakan dapat berupa benda di sekitar siswa, karena semakin benda tersebut dekat dengan siswa, maka semakin mempermudah siswa untuk memahami, karena matematika merupakan mata pelajaran yang cukup sulit untuk kebanyakan siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100541
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Okki Furi Febriyana -130210204036.pdf5.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools