Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100509
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorLESMONO, Albertus Djoko-
dc.contributor.advisorSUPRIADI, Bambang-
dc.contributor.authorPUTRI, Rista Aprilia-
dc.date.accessioned2020-08-13T02:50:20Z-
dc.date.available2020-08-13T02:50:20Z-
dc.date.issued2019-04-29-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100509-
dc.description.abstractKurikulum merupakan salah satu kunci utama untuk mencapai sukses dalam dunia pendidikan. Pemerintah Indonesia menerapakan kebijakan pendidikan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi Kurikulum 2013. Dengan kebijakan ini diharapkan dapat menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Salah satu upaya dalam mewujudkan peserta didik yang sesuai dengan tujuan kebijakan kurikulum 2013 yaitu proses pembelajaran fisika di SMA ditekankan pada pengalaman langsung untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pada pembelajaran fisika perlu diajarkan untuk tujuan yang lebih khusus, yaitu membekali siswa pengetahuan, pemahaman, dan sejumlah kemampuan yang dipersyaratkan untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta mengembangkan ilmu dan teknologi. Keberhasilan pendidikan ditentukan oleh beberapa faktor salah satunya adalah tersedianya sumber belajar. Sumber belajar yang dikembangkan berupa modul pembelajaran. Dari karakteristik modul sendiri diharapkan siswa dapat belajar secara mandiri di dalam kelas. Solusi yang dianggap mampu untuk menyelesaikan permasalahan adalah dengan mengembangkan suatu bahan ajar berupa modul pembelajaran fisika. Pengembangan modul pembelajaran fisika ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan siswa baik kognitif, psikomotor, dan sosial. Modul dianggap cocok untuk dikembangkan adalah Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Science, Environment, Technology, Society (SETS) Pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Untuk Siswa SMA Kelas XI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji beberapa hal, diantaranya 1) Kevalidan modul pembelajaran fisika berbasis science, environment, technology, society (SETS) pada pokok bahasan suhu dan kalor untuk siswa SMA kelas XI, 2) Keefektifitas modul pembelajaran fisika berbasis science, environment, technology, society (SETS) pada pokok bahasan suhu dan kalor untuk siswa SMA kelas XI, 3) Respon siswa terhadap modul pembelajaran fisika berbasis science, environment, technology, society (SETS) pada pokok bahasan suhu dan kalor untuk siswa SMA kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan dengan desain Nieveen. Produk yang dikembangkan pada penelitian ini adalah modul pembelajaran fisika berbasis science, environment, technology, society (SETS) pada pokok bahasan suhu dan kalor untuk siswa SMA kelas XI. Skor validasi ahli Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Science, Environment, Technology, Society (SETS) pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Untuk Siswa SMA Kelas XI mencapai 81.50% termasuk kategori valid. Keefektifan modul menggunakan nilai ketuntasan hasil belajar siswa setelah menggunakan modul pembelajaran fisika berbasis science, environment, technology, society (SETS) pada pokok bahasan suhu dan kalor untuk siswa SMA kelas XI. Nilai ketuntasan siswa diukur dari nilai postest dengan mencapai seluruh siswa di kelas mengalami kriteria ketuntasan ≥ 75 dari nilai KKM sekolah. Respon siswa terhadap modul pembelajaran fisika berbasis science, environment, technology, society (SETS) pada pokok bahasan suhu dan kalor untuk siswa SMA kelas XI mencapai 84.00% dan berkategori respon positif. Berdasrkan dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Science, Environment, Technology, Society (SETS) pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Untuk Siswa SMA Kelas XI menunjukkan kategori valid. Keefektifan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Science, Environment, Technology, Society (SETS) pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Untuk Siswa SMA Kelas XI memenuhi kriteria efektif. Dan respon siswa terhadap Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Science, Environment, Technology, Society (SETS) pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Untuk Siswa SMA Kelas XI berkategori positifen_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Mipa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2019en_US
dc.relation.ispartofseries150210102047;-
dc.subjectmodul pembelajaran fisika berbasis scienceen_US
dc.subjectmodul pembelajaran fisika berbasis environmenten_US
dc.subjectmodul pembelajaran fisika berbasis technologyen_US
dc.subjectmodul pembelajaran fisika berbasis society (Sets)en_US
dc.titlePengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Science, Environment, Technology, Society (Sets) Pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Untuk Siswa Sma Kelas XIen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi0210102-
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rista Aprilia Putri-150210102047.pdf-.pdf5.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools