Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100507
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorUMAMAH, Nurul-
dc.contributor.advisorSUMARNO-
dc.contributor.authorULLA, Zahratul-
dc.date.accessioned2020-08-13T02:39:38Z-
dc.date.available2020-08-13T02:39:38Z-
dc.date.issued2019-04-22-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100507-
dc.description.abstractPembelajaran sejarah bertujuan yaitu menumbuhkembangkan kesadaran dalam diri peserta didik sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki rasa bangga dan cinta tanah air, melahirkan empati dan perilaku toleran yang dapat diimplementasikan dalam berbagai kehidupan masyarakat dan bangsa. Kesadaran sejarah peserta didik perlu dikembangkan melalui pengenalan sejarah di lingkungan sekitar. Berdasarkan data lapangan yang dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, kuesioner, dan wawancara di SMA Negeri 1 Genteng diketahui bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran sejarah yang kurang mengaitkan dengan kebutuhan lingkungan sekitar peserta didik; (2) peserta didik memiliki motivasi belajar cukup tinggi terhadap materi sejarah lokal; (3) rendahnya pengetahuan peserta didik terhadap sejarah lokal; dan (4) pendidik menilai pentingnya materi sejarah lokal untuk disampaikan kepada peserta didik, namun mengalami kendala dalam pelaksanaan karena tidak tersedianya sumber belajar. Berdasarkan data yang ditemukan di sekolah dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang dihadapi diantaranya: (1) pentingnya pendidikan sejarah lokal yang belum mendapatkan perhatian; (2) implementasi kurikulum 2013 yang belum maksimal; (3) motivasi belajar peserta didik yang cukup tinggi terhadap materi sejarah lokal, dan (4) pelaksanaan pembelajaran sejarah lokal yang tidak bisa disampaikan karena kurangnya ketersediaan sumber belajar sejarah lokal di sekolah. Sehingga untuk menjawab permasalan yang ada di lapangan, maka dikembangkan bahan ajar berupa Modul Pembelajaran yang berisi sejarah lokal Budaya Masyarakat Osing sebagai peninggalan kerajaan Hindhu-Buddha di Kabupaten Banyuwangi sebagai sumber belajar dan untuk dapat meningkatkan kesadaran sejarah peserta didik. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan diantaranya: (1) menghasilkan produk Modul Pembelajaran sejarah lokal Budaya Osing sebagai peninggalan Kerajaan Hindu-Buddha di Kabupaten banyuwangi pada mata pelajaran sejarah kelas X SMA dengan menggunakan model R2D2 yang tervalidasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain; dan (2) produk modul sejarah lokal Budaya Osing sebagai peninggalan Kerajaan Hindu-Buddha di Kabupaten Banyuwangi diharapkan dapat meningkatkan kesadaran sejarah peserta didik. Produk yang dihasilkan kemudian akan divalidasi ahli dan diujicoba pengguna. Hasil validasi ahli diantaranya: (1) validasi ahli isi bidang studi diperoleh nilai 78,46% dengan kualifikasi baik; (2) validasi ahli bahasa diperoleh nilai 88,33% dengan kualifikasi sangat baik; dan (3) validasi ahli desain diperoleh nilai 70,76% dengan kualifikasi Cukup dan Perlu Direvisi. Selain tervalidasi ahli, Modul Pembelajaran sejarah lokal juga tervalidasi pada ujicoba lapangan menunjukkan nilai rata-rata pre test sebesar 39,3 dan post test sebesar 83,6. Hasil ujicoba lapangan dengan melibatkan 38 peserta didik menunjukkan hasil bahwa nilai rata-rata pre test sebesar 39,3 (Std. Deviasi = 9,56) dan post test sebesar 83,7 (Std. Deviasi = 7,32). Berdasarkan hasil penelitian, maka diambil kesimpulan: (1) modul pembelajaran sejarah lokal telah tervalidasi ahli dan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar mata pelajaran sejarah kelas X SMA; dan (2) modul pembelajaran sejarah lokal yang dikembangkan dapat meningkatkan kesadaran sejarah peserta didik.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidian Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Kependidikan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2019en_US
dc.relation.ispartofseries120210302078;-
dc.subjectmodul berbasis sejarah lokalen_US
dc.subjectsejarah lokal budaya osingen_US
dc.subjectsejarah lokalen_US
dc.subjectbudaya osingen_US
dc.titlePengembangan Bahan Ajar Berbentuk Modul Berbasis Sejarah Lokal Budaya Osing Pada Mata Pelajaran Sejarah Dengan Model r2d2 Pada Siswa Kelas X Ips DI Sma Negeri 1 Genteng Tahun Pelajaran 2018/2019en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi0210302-
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Zahratul Ulla-120210302078.pdf-.pdf3.65 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools