Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100505
Title: | Penerapan Model Pembelajaran Air Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akl 1 Smk Muhammadiyah 3 Ambulu Jember (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Semester Gasal Tahun Ajaran 2019/2020) |
Authors: | KANTUN, Sri ZULIANTO, Mukhamad ASIH, Nurmala Tiara |
Keywords: | model pembelajaran air pembelajaran air air |
Issue Date: | 11-Oct-2019 |
Publisher: | Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020 |
Series/Report no.: | 150210301021; |
Abstract: | Pembelajaran berpusat pada siswa diharapkan dapat mendorong peserta didik untuk terlibat secara aktif membangun pengetahuan yang didapat, tetapi tidak menghilangkan peran guru sebagai pendidik dan pembimbing dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik apabila siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar di kelas XI AKL 1 SMK Muhammadiyah 3 Ambulu Jember sebelum penerapan model pembelajaran AIR masih dalam kategori rendah sehingga perlu ditingkatkan lagi. Apabila aktivitas belajar rendah akan berdampak pada hasil belajar siswa. Salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajararan yang digunakan oleh guru, yang mana masih menggunakan model konvensional dengan metode ceramah, diskusi dan pemberian tugas sehingga aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran masih kurang. Maka dari itu, perlu adanya perbaikan model pembelajaran yang dapat menunjang keberhasil siswa dengan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sesuai dengan karakteristik mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar jurnal khusus yaitu dengan menerapkan model pembelajaran AIR. Penerapan model pembelajaran AIR diharapkan dapat membantu agar siswa terlibat lebih aktif dalam proses pembelajarn dan memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, tes, wawancara dan dokumen. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu dengan memaparkan data yang diperoleh oleh peneliti dari hasil pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran AIR dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AKL 1 SMK Muhammadiyah 3 Ambulu Jember pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar jurnal khusus tahun ajaran 2019/2020. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari skor rata-rata aktivitas belajar pada siklus I mencapai kategori sedang yaitu sebesar 2,5 dan pada siklus II meningkat sebesar 0,9 mencapai kategori tinggi sebesar 3,4. Sedangkan hasil belajar siswa dilihat dari nilai akhir siswa yang diperoleh dari nilai tugas individu dan nilai ulangan harian siswa pada kompetensi dasar jurnal khusus. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai nilai rata-rata 75,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 80,7% pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 83,9 dan ketuntasan klasikal 88,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran AIR dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AKL 1 SMK Muhammadiyah 3 Ambulu Jember. Peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran akuntansi untuk menerapkan model pembelajaran AIR dalam proses pembelajaran sebagai alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100505 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Nurmala Tiara Asih - 150210301021.pdf-.pdf | 7.34 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools