Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100503
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) Dengan Pendekatan Sets Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Sma
Authors: ASTUTIK, Sri
KAMILASARI, Nur Wandiyah
NURAINI, Lailatul
Keywords: model pembelajaran collaborative creativity (CC)
pendekatan sets
pendekatan sets (Science, Environment, Technology, and Society)
Issue Date: 5-Feb-2020
Publisher: Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Mipa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020
Series/Report no.: 160210102015;
Abstract: Fisika merupakan ilmu pengetahuan yang dibutuhkan untuk mempersiapkan diri akan kemajuan teknologi di masa depan dan kreativitas merupakan salah satu bentuk dalam mengintegrasikannya. Munculnya berbagai permasalahan dalam belajar fisika yang menitikberatkan pada kegiatan bernalar dan berpikir tingkat tinggi, serta lemahnya kemampuan memecahkan masalah sehingga perlu adanya solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dapat dijadikan solusi permasalahan dalam pembelajaran fisika melalui penyusunan ide rencana menyelesaikan masalah yang melibatkan siswa secara aktif dalam menemukan solusinya sendiri. Kenyataannya kemampuan berpikir kreatif siswa SMA masih rendah sehingga perlu adanya solusi untuk mengatasi hal tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diberikan alternatif solusi yaitu pembelajaran yang ngutamakan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif serta hasil belajarnya. Model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dapat dijadikan sebagai alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) adalah model pembelajaran yang langkah langkah pembelajarannya membuat siswa aktif di kelas dalam mengeksplor gagasan kreatifnya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengkaji pengaruh model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA. 2) mengkaji pengaruh pembelajaran Collaborative Creativity (CC) dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) terhadap hasil belajar siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian post-test only control design. Penentuan tempat penelitian menggunakan teknik purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Jenggawah tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian menggunakan cluster rondom sampling dengan teknik undian yang kemudian terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) dengan pendekatan SETS sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran PBL (problem based learning). Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan Independent Sample T Test dengan bantuan SPSS 23. Hasil uji Independent Sample T-Test pada hipotesis pertama terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,002 sehingga uji hipotesis menyatakan H0 ditolak yang artinya kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol. Hasil uji Independent Sample T-Test pada hipotesis kedua terhadap hasil belajar kognitif siswa menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,002 sehingga uji hipotesis menyatakan H0 ditolak yang artinya hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol. Berdasarkan Hasil uji Independent Sample T-Test maka dapat ditarik kesimpulan model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100503
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nur Wandiyah Kamilasari - 160210102015.pdf-.pdf6.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools