Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100445
Title: Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Kebonsari 04 Jember
Authors: MASYHUD, Sulthon
HUTAMA, Fajar Surya
WULANDARI, Ari Tri
Keywords: proses pembelajaran
pendekatan saintifik
media video vnimasi
Media
Video Animasi
Animasi
Issue Date: 15-Jan-2019
Publisher: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020
Series/Report no.: 150210204003;
Abstract: Penerapan proses pembelajaran dalam kurikulum 2013 dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Langkah-langkah proses pembelajaran dalam pendekatan saintifik meliputi proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menalar, dan mengkomunikasikan. Namun, agar hasil belajar lebih maksismal diperlukan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dengan memanfaatkan media pembelajaran yang menarik. Salah satunya yaitu dengan menggunakan media video animasi. Pendekatan saintifik dipadukan dengan media video animasi diharapkan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan masalah penelitian yaitu “adakah pengaruh positif dari penerapan pendekatan saintifik berbantuan media video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kebonsari 04 Jember?” dan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif dari penerapan pendekatan saintifik berbantuan media video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kebonsari 04 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebonsari 04 Jember pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VA berjumlah 30 siswa dan VB terdiri dari 30 siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan pola eksperimen semu menggunakan desain Non-equivalent Control Group. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes, namun data yang dianalisis yaitu tes. Analisis data yang digunakan berupa nilai setelah dilakukannya perlakuan dalam ranah kognitif pada kelas eksperimen dan kontrol. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan menggunakan teknik random sampling dengan hasil kelas VA sebagai kelas kontrol dan VB sebagai kelas eksperimen. Langkah awal yang dilakukan oleh peneliti sebelum menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu melakukan uji homogenitas. Uji homogenitas dilakukan menggunakan nilai pretest siswa kelas VA dan VB. Berdasarkan hasil uji homogenitas yang telah dilakukan pada kedua kelas, diperoleh hasil t-hitung = 0,958. Hasil t-hitung tersebut kemudian dikonsultasikan pada t-tabel dengan taraf signifikansi 5% untuk uji dua pihak. Pada taraf signifikansi 5% nilai db = 58 yang mempunyai harga t-tabel = 2,000. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa hasil t-hitung < t-tabel (0,958 < 2,000). Jadi dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut yaitu kelas VA dan VB tingkat kemampuan siswa sebelum diberikan perlakukan kondisinya adalah homogen. Data yang akan dianalisis pada penelitian ini adalah nilai posttest yang diperoleh setelah diberikan perlakuan atau treatment pada kelas eksperimen dan kontrol dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan dengan program SPSS versi 21, diperoleh nilai rata-rata nilai posttest ranah kognitif pada kelas eksperimen sebesar 73,04, sedangkan rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol sebesar 62,16. Hasil perhitungan uji-t dengan menggunakan program SPSS versi 21 diperoleh hasil thitung sebesar 3,734. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel, diketahui db = (30 + 30) – 2 = 58 pada taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh nilai ttabel = 2,000. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 3,734 > 2,000, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan perhitungan (ER), dapat diketahui bahwa pencapaian hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik berbantuan media video animasi saat pembelajaran menunjukkan hasil 42% lebih efektif jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menerapkan pendekatan saintifik berbantuan media video animasi. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media video animasi lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan saintifik tanpa berbantuan media video animasi.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100445
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ari Tri Wulandari - 150210204003.pdf-.pdf7.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools