Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100329
Title: | Kompetensi Pustakawan: Program Strategi Peningkatan Kualitas Pustakawan di Perpustakaan Universitas Jember |
Authors: | NADHIFAH, Khusnun |
Keywords: | kompetensi perpustakaan pustakawan |
Issue Date: | 11-Jul-2019 |
Publisher: | Perpustakaan Universitas Airlangga-2019 |
Abstract: | Menghadapi era revolusi industri 4.0 pustakawan dituntut segera beradaptasi, Pustakawan harus mempunyai pengetahuan, sikap, dan kreativitas yang tinggi untuk mencapai tujuan standar kinerja. Regulasi pemerintah mewajibkan pustakawan yang akan naik jabatan harus mengikuti dan lulus uji kompetensi Selain itu Rencana strategis Universitas Jember (UNEJ) 2016-2020 serta visi Perpustakaan UNEJ menuntut peningkatan kualitas pustakawan. Sehingga dibutuhkan program peningkatan kompetensi pustakawan. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran terhadap kondisi di Perpustakaan UNEJ. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu menggambarkan tentang penerapan strategi peningkatan kualitas pustakawan. Obyek penelitian ini adalah pustakawan Perpustakaan UNEJ sejumlah 15 orang. Proses analisa data menggunakan observasi dan wawancara. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini adalah strategi Perpustakaan UNEJ dalam meningkatkan kualitas pustakawan adalah melalui peningkatan hard skill dan soft skill. Hard skill dapat ditempuh melalui jalur pendidikan, pelatihan, seminar/workshop. Sedangkan soft skill dapat ditempuh melalui kegiatan yang bersifat spiritual dan emotional question. |
Description: | Prosiding Seminar Nasional "Ekologi Digital: Refleksi dan Tren Perpustakaan" 2019 |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100329 |
Appears in Collections: | LSP-Conference Proceeding |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Perpus_Prosiding_Khusnun Nadhifah_KOMPETENSI PUSTAKAWAN.pdf | 3.78 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.