Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/10021
Title: CITRA IKLAN ROKOK SAMPOERNA A MILD
Authors: Anugerah Senja Putra
Keywords: Citra Iklan
Issue Date: 18-Dec-2013
Series/Report no.: 050910302155;
Abstract: Dunia periklanan rokok harus berhadapan dengan wacana bahaya merokok dan PP RI Nomor 23 Tahun 2003 tentang bahaya merokok sehingga tampilan iklan rokok tidak boleh menampilkan bentuk rokoknya, hal demikian membuat Sampoerna A Mild berupaya lebih kreatif memperkenalkan diri pada masyarakat. Dengan iklan yang kreatif, Sampoerna A Mild membangun citra produknya walau hanya menampilkan animasi gambar, kaligrafi dan adegan tanpa menampilkan produk. Pesan Sampoerna A Mild melalui tampilan iklan ternyata mampu dilihat masyarakat dengan baik dan difahami bahkan mengakar dalam kehidupan masyarakat. Iklan Sampoerna A Mild selalu menayangkan realitas sosial yang ada di masyarakat, dalam bentuk iklan yang bersifat parodi, kritis dan cerdas. Tayangan iklan sarat akan fenomena sosial demikian diintrepetasikan secara beragam oleh audiens. iklan Sampoerna A Mild dengan citra yang terbentuk mampu memberikan pengaruh terhadap sikap dan perilaku audience. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimana citra iklan Sampoerna A Mild?”. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisa citra iklanSampoerna Mild metode kualitatif dengan pendekatan diskriptif dengan pendekatan hermeneutik. Dengan kriteria yang telah ditentukan, objek penelitian yang dijadikan sampel adalah 6 iklan Sampoerna A Mild yaitu iklan Sampoerna A Mild Tanya Kenapa versi “polisi sembunyi” dan versi “Yang Lebih Muda Yang Gak Dipercaya, Iklan Sampoerna A Mild Pilihan Gue versi “Bingung Pilihan” dan versi “Gelar Kerja”, Iklan Sampoerna A Mild Go Ahead versi “Gelembung” dan versi “Hilang Arah”. Dalam tayangan iklan Sampoerna A Mild, peneliti secara mendalam mampu menemukan citra yang terbentuk dengan menganalisa setting iklan, struktur kata, struktur kalimat, gaya bahasa, penampilan dan ekspresi aktor, suara-suara, teks dan kode yang dimunculkan serta cerita atau adegan yang ditampilkan dalam iklan. Iklan Sampoerna A Mild menawarkan interpretasi yang sangat terbuka bagi siapa saja yang akan menikmatinya. Hasil penelitian, Tema dan Judul iklan-iklan Sampoerna A Mild berbeda-berada, namun tayangan iklan Sampoerna A Mild memiliki pola, yaitu selalu menampilkan citra muda yang disajikan secara cerdas dan modern. Sehingga dapat dimaknai bahwa Sampoerna A Mild bercitra muda, cerdas, dan modern. Citra di intrepetasikan secara beragam tergantung pada kondisi dan latar belakang audiens dalam keseharian. Citra-citra tersebut direproduksi dalam tayangan, bentuk, dan penempatan iklan-iklan Sampoerna A Mild sebagai bentuk imitasi dari realitas sosial yang ada dalam kehidupan
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10021
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Anugerah Senja Putra_1.pdf427.58 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools