Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100211
Title: Perancangan Strategi Bisnis Toko Kelontong Model Offline to online (O2O) Menggunakan Framework ICDT (Information, Communication, Distribution, Transaction) Berbasis Mobile App
Authors: Adiwijaya, Nelly Oktavia
Santika, Gayatri dwi
PURWANTINI, Ludfi Ika
Keywords: OFFLINE TO ONLINE (O2O)
CDT (INFORMATION, COMMUNICATION, DISTRIBUTION, TRANSACTION)
Issue Date: 27-Sep-2019
Publisher: FAKULTAS ILMU KOMPUTER
Abstract: Perkembangan toko modern di Indonesia saat ini mempengaruhi perkembangan toko kelontong. Berdasarkan catatan Federasi Organisasi Pedagang Pasar Indonesia (FOPPI) periode 2004-2007, laju pertumbuhan supermarket mencapai 50% per tahun (Utomo, 2011). Hal yang perlu dikembangkan dalam usaha toko kelontong agar dapat bersaing dengan toko modern yaitu perlu adanya tindakan agar toko kelontong dapat bersaing dengan toko modern. Upaya mempertahankan keberlangsungan suatu industri perlu dikembangkannya suatu strategi bisnis yang sesuai dengan kondisi pasar saat ini. Offline to online (O2O) adalah sebuah model e-commerce yang memiliki beberapa keunggulan yaitu biaya rendah, pemasaran yang akurat dan layanan pribadi. Hal ini sangat cocok dengan UMKM yang dapat dengan cepat bertumbuh besar dan kuat karena memiliki fleksibilitas tinggi dibandingkan usaha yang berkapasitas lebih besar. Salah satu cara penerapan mobile commerce yang sesuai dengan O2O yaitu dengan menerapan framework Information, Communication, Distribution, and Transaction (ICDT) untuk merancang strategi bisnis pada usaha toko kelontong. Penyusunan strategi pemasaran toko kelontong dalam penelitian ini yaitu dengan mengintregasikan pengembangan strategi offline to online dengan framework Information, Communication, Distribution, dan Transaction (ICDT). Survey dilakukan dengan cara wawancara terhadap pemilik toko kelontong dengan tujuan untuk mengetahui strategi apa yang telah dijalankan saat ini. Wawancara juga dilakukan kepada pembeli toko kelontong menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Uji kredibilitas / keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik Hasil penelitian ini yaitu mengembangkan srategi pada toko kelontong dari toko tradisional atau offline menjadi toko kelontong online dengan mengintregasikan framework ICDT dan menghasilkan rekomendasi desain
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100211
Appears in Collections:UT-Faculty of Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ludfi Ika Purwantini-152410101063.bak.pdf1.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools