Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100186
Title: Pengaruh Model Pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) Berbasis BBL (Brain-Based Learning) terhadap Retensi dan Hasil Belajar Siswa
Authors: PRIHATIN, Jekti
Fikri, Kamalia
ROJANNA
Keywords: SFE (STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING)
BBL (BRAINBASED LEARNING)
Issue Date: 6-Aug-2019
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Permasalahan pendidikan secara umum yaitu proses pembelajaran masih didominasi dengan pembelajaran berpusat pada guru dan teoritis yang mengakibatkan rendahnya retensi dan hasil belajar siswa. Salah satu cara meningkatkan retensi dan hasil belajar siswa adalah seorang guru harus menguasai model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan menyenangkan. Model Pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) Berbasis BBL (Brain-Based Learning) adalah model pembelajaran yang menekankan siswa untuk menjelaskan kembali gagasan yang dikemukakan oleh guru dan pengetahuan yang dimilikinya kepada rekan siswa lainnya dengan proses pembelajarannya yang dapat melatih otak kanan dan kiri untuk bekerja secara optimal dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) berbasis BBL (Brain-Based Learning) terhadap retensi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuasi eksperimental pendidikan, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) berbasis BBL (Brain-Based Learning) di kelas eksperimen dengan jumlah siswa 28 dan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan pemberian tugas di kelas kontrol dengan jumlah siswa 32. Hasil belajar siswa dalam penilitian ini terdiri atas 3 ranah yaitu ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Penilaian hasil belajar siswa ranah kognitif diukur menggunakan pre-test dan post-test, kemudian diuji menggunakan uji homogenitas dan uji anakova. Penilaian hasil belajar siswa ranah psikomotorik dan afektif dilakukan oleh 3 observer yang dilakukan pada pertemuan akhir yaitu saat praktikum. Data yang diperoleh dianalisis menggunkan uji homogenitas dan uji t. Adapun retensi hasil belajar siswa diukur menggunakan post-test dan tes retensi yang dilakukan 2 minggu setelah post-test, kemudian diuji menggunakan uji homogenitas dan uji anakova. Berdasarkan hasil analisis anakova menunjukkan pengaruh pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) berbasis BBL (Brain-Based Learning) berpengaruh secara tidak signifikan terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif antara kelas kontrol dan kelas eksperimen (p = 0,134) dengan selisih rerata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 24,39 jika dibanding kelas kontrol yaitu 22,41. Berdasarkan hasil analisis uji t menunjukkan pengaruh pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) berbasis BBL (Brain-Based Learning) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada ranah psikomotorik antara kelas kontrol dan kelas eksperimen (p = 0,006) dengan nilai rerata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 83,92 jika dibanding dengan kelas kontrol yaitu 74,60 dan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada ranah afektif antara kelas kontrol dan kelas eksperimen (p = 0,000) dengan nilai rerata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 84,59 jika dibanding kelas kontrol yaitu 71,67. Berdasarkan hasil analisis anakova menunjukkan pengaruh pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) berbasis BBL (Brain-Based Learning) berpengaruh secara signifikan terhadap retensi hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen (p = 0,000) dengan selisih rerata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 2,36 jika dibandingkan kelas kontrol yaitu 0,59.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100186
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ken Izmi Sasmi Afrik Rojanna.pdf3.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools