Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100149
Title: Analisis Kepribadian Tokoh Dalam Novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono Dan Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Sastra DI Sma Kelas XII
Authors: Taufiq, Akhmad
Husniah, Furoidatul
Rahara, Olga Ryan
Keywords: Kepribadian Tokoh
Novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damoni
Issue Date: 17-Jan-2019
Publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember
Abstract: Penelitian kepribadian tokoh merupakan penelitian untuk mengungkap kepribadian dan karakter yang dimiliki oleh tokoh. Penelitian ini, berusaha menelusuri kepribadian tokoh utama dalam novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono. Tokoh utama bernama Sarwono digambarkan secara detil melalui tingkah lakunya dalam menghadapi segala problematika yang ada dalam kehidupannya. Problematika disajikan dalam bentuk konflik-konflik melalui kisah percintaannya dengan seorang perempuan bernama Pingkan. Tidak adanya pertemuan yang intens dan jarak yang cukup jauh membuat keduanya menghadapi pergolakan batin yang cukup kuat untuk mempertahankan hubungannya. Sarwono berada di Indonesia sedangkan Pingkan harus berada di Jepang karena urusan pekerjaan. Bukan hanya itu, perbedaan latar belakang agama, ras, suku, dan budaya menjadikan pertentangan sendiri bagi keluarga Pingkan untuk tidak menyetujui hubungan mereka. Fenomena ini menarik untuk diteliti untuk dapat mengungkap kepribadian Sarwono dalam menghadapi berbagai pergolakan masalah di dalam kehidupannya. Kepribadian Sarwono yang mandiri, sederhana, dan selalu berusaha dan tegar dalam menghadapi segala problematika dalam kehidupannya menjadi salah satu alasan novel ini menarik diteliti dengan menggunakan perspektif kepribadian tokoh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana unsur intrinsik novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono?; (2) bagaimana struktur kepribadian tokoh dalam novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono?; (3) bagaimana pemanfaatan kajian novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono sebagai alternatif materi pembelajaran sastra di SMA kelas XII? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Sumber data berupa novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono, buku teori psikologi Sigmund Freud dan silabus kurikulum 2013. Data pada penelitian ini berupa kutipan peristiwa dalam bentuk kata-kata, kalimat, atau paragraf yang diidentifikasikan sebagai kepribadian tokoh ala Sigmund Freud berupa Das Es, Das Ich, dan Das Ueber Ich. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data terbagi menjadi enam langkah, yaitu membaca, reduksi data, penyajian data, prosedur analisis data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa judul novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono merupakan gambaran suasana atau keadaan yang terjadi pada tokoh utama Sarwono. Tema mayor dalam novel tersebut adalah perjuangan hidup seorang lelaki yang berjuang hidup untuk sarwono sendiri melalui kegemaran menulis yang kemudian dimuat di koran tanpa menggantungkan kepada orang tuanya, sedangkan tema minornya cerita cinta dengan perbedaan latar belakang, suku dan agama. Tokoh utama dalam novel tersebut adalah Sarwono yang mempunyai watak datar. Sarwono merupakan penggerak cerita yang ditunjukkan dari paling banyaknya ia berhubungan dengan tema atau pokok masalah, paling banyaknya ia berhubungan dengan tokoh yang lainnya, dan paling banyaknya ia muncul dalam penggambarannya dalam cerita. Tokoh Sarwono merupakan yang paling ditonjolkan penggambaran tingkah lakunya dalam Novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono. Sarwono memiliki kepribadian yang melankolis, lucu, seorang antropolog, seorang yang selalu semangat dengan apa yang dilaluinya dan tidak bergantung terhadap kedua orang tuanya dalam menghadapi segala problematika dalam kehidupannya, termasuk problematika percintaannya dengan Pingkan. Penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif materi pembelajaran sastra di SMA kelas XII dengan kompetensi dasar 3.1 memahami struktur dan kaidah teks novel baik melalui lisan maupun tulisan dan 4.1 mengintepretasi makna teks novel baik secara lisan maupun tulisan merancang novel dan novelet dengan memperlihatkan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulisan. Penelitian selanjutnya disarankan dapat memperdalamnya kajian psikologi kepribadian baik dari perspektif Sigmund Freud atau perspektif lainnya dan menggunakan objek kajian yang berbeda. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu referensi matakuliah psikologi sastra.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100149
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Olga Ryan Rahara-110210402061 Sdh.pdf1.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools