Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100129
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSunardi-
dc.contributor.advisorYudianto, Erfan-
dc.contributor.authorAlan Fajar, Fahmi-
dc.date.accessioned2020-07-28T03:18:11Z-
dc.date.available2020-07-28T03:18:11Z-
dc.date.issued2019-05-08-
dc.identifier.nim150210101028-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100129-
dc.description.abstractEtnomatematika merupakan penggabungan dari dua kata yakni etno dan matematika. Etno menunjuk pada suatu budaya atau kelompok masyarakat sosial, sedangkan matematika adalah ilmu yang mempelajari mengenai bilangan dengan operasinya yang mengandung kebenaran serta aturan tertentu dalam penyelesaiannya, yang penerapannya banyak digunakan dalam kehidupan seharihari. Etnomatematika adalah penerapan ilmu matematika dalam kehidupan berbudaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan etnomatematika pembuatan kerajinan tangan anyaman bambu di desa Gintangan Banyuwangi. Hal-hal yang didapatkan pada penelitian ini diubah dalam bentuk bahan ajar geometri yakni Paket Soal Tes dengan topik Etnomatematika. Penelitian ini dilakukan di desa Gintangan Banyuwangi terhadap masyarakat yang berprofesi sebagai pengrajin anyaman maupun ataupun mandor pengrajin anyaman. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa etnomatematika pada aktivitas yang digunakan oleh pengrajin anyaman yakni aktivitas menghitung, mengukur, dan mendesain.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectEtnomatematikaen_US
dc.titleEtnomatematika Pembuatan Kerajinan Tangan Anyaman Bambu Masyarakat Osing DI Desa Gintangan Banyuwangi Sebagai Bahan Ajar Geometrien_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematika-
dc.identifier.kodeprodi0210101-
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Fahmi Alan Fajar-150210101028 #.pdf3.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools