Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100128
Title: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Tema Indahnya Keragaman DI Negeriku Berbasis Kearifan Lokal Jember Pada Siswa Kelas IV SDN Patrang 01 Jember
Authors: Rahayu
Fitriyah, Chumi Zahroul
Hanivah, Nor
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Indahnya Keragaman
Kearifan Lokal Jember
Issue Date: 12-Mar-2019
Publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember
Abstract: Pembelajaran pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku terdapat KD IPS yang berbunyi mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang, untuk mencapai KD tersebut diperlukan sebuah bahan ajar yang menarik berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). LKPD yang digunakan saat ini materinya sama untuk semua siswa yang ada di Indonesia sehingga kadangkala siswa mengalami kesulitan karena di sekitar kehidupan mereka tidak sama dengan yang ada di LKPD, maka perlu adanya pengembangan LKPD yang berbasis kearifan lokal daerah setempat dengan tampilan yang menarik sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi dan menyelesaikan soal-soal pada LKPD. LKPD merupakan suatu bahan ajar cetak yang berisi materi ringkasan, dan petunjuk pelaksanaan tugas pembelajaran yang harus dikerjakan siswa baik bersifat teoritis maupun praktik. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini yaitu “bagaimanakah proses dan hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) tema indahnya keragaman di negeriku berbasis kearifan lokal Jember pada siswa kelas IV SDN Patrang 01 Jember semsester genap tahun pelajaran 2018/2019?”. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan (R&D) oleh Borg and Gall. Penelitian ini terdiri dari 8 tahap, yaitu: (1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan pengembangan produk, (3) pengembangan desain produk awal, (4) validasi desain produk, (5) revisi desain produk awal, (6) uji coba penggunaan, (7) revisi desain produk, dan (8) uji coba keefektifan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100128
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nor Hanivah-150210204039 Sdh.pdf6.31 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools