Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100083
Title: | Kesalahan Penggunaan Preposisi dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Siliragung |
Authors: | Widjajanti, Anita Parto Lestari, Yula Biolita |
Keywords: | Preposisi Karangan Deskripsi Siswa SMP |
Issue Date: | 4-Mar-2019 |
Publisher: | Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Mengarang merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh siswa dalam proses pembelajaran. Dalam menulis sebuah karangan perlu memperhatikan kaidah penggunaan bahasa yang benar. Materi pertama pelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang SMP kelas VII adalah materi deskripsi. Salah satu Kompetensi Dasar yang harus dicapai adalah menulis sebuah karangan deskripsi dengan memperhatikan unsur kebahasaan. Salah satu materi kebahasaan yang terdapat dalam materi deskripsi adalah preposisi. Berdasarkan hasil penelitian, masih banyak ditemukan kesalahan penggunaan preposisi dalam karangan deskripsi siswa kelas VII SMPN 1 Siliragung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kesalahan penggunaan preposisi tunggal dalam karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siliragung; (2) bagaimanakah kesalahan penggunaan preposisi majemuk dalam karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siliragung; dan (3) apakah faktor-faktor penyebab kesalahan penggunaan preposisi dalam karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siliragung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Data penelitian berupa kalimat yang diindikasikan terdapat kesalahan penggunaan preposisi dalam karangan deskripsi siswa, penjelasan guru di kelas yang terindikasi sebagai faktor kesalahan penggunaan preposisi, pernyataaan informan ketika wawancara yang terindikasi faktor-faktor kesalahan penggunaan preposisi, serta hasil kuesioner atau angket yang telah dibagikan kepada siswa. Sumber data penelitian adalah karangan deskripsi siswa, peristiwa pembelajaran di kelas, hasil wawancara guru dan siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpul data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan kuesioner atau angket. Metode analisis data dalam penelitian ini terdiri atas tiga hal yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan serta verifikasi. Instrumen penelitian terdiri atas instrumen pengumpul data dan instrumen analisis data. Prosedur penelitian terdiri atas tiga tahap yaitu, (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap penyelesaian. Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa kesalahan penggunaan preposisi yang ditemukan dalam karangan deskripsi siswa yaitu: (1) kesalahan pemilihan preposisi tunggal dari, dengan, di, ke, dan pada; kesalahan penghilangan preposisi tunggal di, dengan, dan oleh; kesalahan penambahan preposisi tunggal dengan, di, dan tentang; kesalahan penulisan preposisi tunggal di dan ke, (2) kesalahan pemilihan preposisi majemuk jenis korelasi yaitu antarahingga dan di-sampai; dan (3) kesalahan penggunaan preposisi oleh siswa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu, (a) kurangnya kemampuan berbahasa siswa, (b) kurangnya pengetahuan siswa tentang preposisi, (c) siswa kurang menguasai kaidah penggunaan preposisi, (d) siswa kurang teliti dalam menggunakan preposisi, dan (e) kurangnya koreksi guru terhadap kesalahan berbahasa siswa. Berdasarkan uraian di atas, dapat diberikan saran kepada mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agar hasil penelitian ini dapat menambah wawasan serta dapat dijadikan sebagai bahan diskusi mata kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa khusunya pada preposisi. Bagi guru Bahasa Indonesia hendaknya lebih memperhatikan dan mengoreksi penggunaan preposisi siswa serta melakukan perbaikan terhadap kesalahan penggunaan preposisi yang ditemukan dengan cara menjelaskan kembali kaidah penggunaan preposisi sesuai kesalahan yang dilakukan oleh siswa, artinya guru menjelaskan bagian yang salah dengan perbaikannya. Bagi peneliti selanjutnya, hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dan masukan untuk mengadakan penelitian lanjutan dalam ruang lingkup yang lebih luas tentang kebahasaan teks deskripsi lainnya dan meneliti apakah guru merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap kesalahan berbahasa siswa. Saran lain bagi peneliti selanjutnya adalah melakukan PTK sebagai perbaikan karena masih banyak ditemukan kesalahan penggunaan preposisi dalam penelitian ini. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100083 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Yula Biolita Lestari -150210402027.pdf | 9.11 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools