Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100060
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHOBRI-
dc.contributor.advisorPRATAMA, Randi-
dc.contributor.authorSUCI, Nirmala Wulan-
dc.date.accessioned2020-07-27T05:48:49Z-
dc.date.available2020-07-27T05:48:49Z-
dc.date.issued2019-05-11-
dc.identifier.issnNIM 150210101074-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100060-
dc.description.abstractPerkembangan teknologi dan informasi telah membawa perubahan pesat dalam aspek kehidupan manusia termasuk dalam bidang pendidikan. Teknologi dan informasi tidak hanya sebatas bagaimana mengoperasikan komputer saja, namun di era saat ini salah satu pemanfaatan perkembangan teknologi dan informasi yakni sebagai alat bantu dalam pembelajaran atau biasa disebut media pembelajaran. Pembelajaran berbasis teknologi dan informasi memiliki keunggulan menjadikan pembelajaran menarik dan inovatif. Pembelajaran yang menarik akan memberi motivasi siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Contoh media berbasis teknologi dan informasi adalah game android edukasi yang berisikan materi, permainan, tantangan soal materi perbandingan pada setiap level permainan. Mudahnya penggunaan alat teknologi seperti smartphone android merupakan dampak positif dari perkembangan teknologi, familiar dan memberikan daya tarik bagi banyak siswa. Dari game edukasi ini siswa dapat belajar, sekaligus bermain untuk menumbuhkan motivasi belajar mereka pada pembelajaran matematika di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan game android matematika pada materi perbandingan. Proses pengembangan game android ini menggunakan model Thiagarajan atau model 4-D yang telah disesuaikan. Model pengembangan ini terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Kegiatan pengembangan game android ini bertujuan untuk menghasilkan game android yang valid, praktis dan efektif. Hasil validasi game android yang terdiri dari aspek isi (materi dan soal), kebahasaan, dan format termasuk pada kriteria valid dengan nilai koefisien korelasi pengembangan game android sebesar 0,93 termasuk kategori “Sangat Tinggi”. Setelah game android sudah mencapai kevalidan kemudian dilakukan uji coba. Pelaksanaan uji coba penelitian dilakukan di kelas VII I SMPN 1 Jember. Pertemuan pertama pada hari Selasa, 14 Mei 2019, aktivitas yang dilakukan yaitu pertama siswa dipandu dalam proses install game ke android masing-masing di kelas, setelah semua proses install selesai peneliti memberi arahan dan petunjuk penggunaan game yang akan dijalankan. Tahap kedua, siswa diminta mengerjakan soal yang disediakan sekaligus bermain pada tiap level yang disediakan. Ketika proses menjawab soal, jika siswa benar dalam menjawab maka akan lanjut ke level permainan selanjutnya, tetapi jika pada proses menjawab soal salah maka akan tetap berada pada level dan tidak dapat lanjut ke level selanjutnya. Setelah menyelesaikan semua level pada permainan, maka akan muncul skor untuk mengetahui hasil nilai yang didapat setelah menjawab semua soal dengan benar pada permainan. Tahap selanjutnya yaitu pemberian lima soal uraian tes hasil belajar selama 30 menit dan dilanjutkan dengan pengisian angket respon pengguna media. Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan, didapatkan hasil analisis angket respon pengguna media dengan nilai presentase respon angket terhadap game android yaitu 82,5% termasuk kategori “Baik”. Sedangkan presentase ketuntasan hasil belajar siswa yang memperoleh nilai di atas KKM yaitu sebesar 81,25% dari 32 siswa. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka dapat diperoleh hasil bahwa game android berbantuan software GameSalad materi perbandingan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectGAME ANDROIDen_US
dc.subjectSOFTWARE GAMESALADen_US
dc.subjectMATERI PERBANDINGANen_US
dc.titlePengembangan Game Android Berbantuan Software Gamesalad untuk Siswa SMP Kelas VII Materi Perbandinganen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPENDIDIKAN MATEMATIKA-
dc.identifier.kodeprodi0210101-
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nirmala Wulan Suci-150210101074.pdf7.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools