Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100045
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorFITRIYAH, Chumi Zahroul-
dc.contributor.advisorFINALI, Zetti-
dc.contributor.authorUMAMI, Eris Oktaria-
dc.date.accessioned2020-07-27T04:28:17Z-
dc.date.available2020-07-27T04:28:17Z-
dc.date.issued2019-09-13-
dc.identifier.nim150210204046-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100045-
dc.description.abstractPada kurikulum 2013, guru bertugas sebagai fasilitator yang berperan menyediakan kebutuhan siswa selama proses pembelajaran. Terdapat beberapa kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran, salah satunya yaitu sumber belajar. Sekolah Dasar (SD) yang menerapkan kurikulum 2013, kreativitas seorang guru dalam menyediakan media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa tentu dibutuhkan. Kebutuhan tersebut berkaitan dengan strategi pembelajaran kurikulum 2013 yang materinya disampaikan dalam bentuk tema. Tema yang digunakan pada pembelajaran tematik di kelas IV yaitu tema 8 “Daerah Tempat Tinggalku”, subtema 1 “Lingkungan Tempat Tinggalku”, dan pembelajaran 3. Pada tema tersebut penting untuk dibelajarkan di kelas IV, karena materi pada tema tersebut menambah pengetahuan siswa mengenai potensi ekonomi atau jenis-jenis pekerjaan yang ada di daerah tempat tinggalnya, dapat mengenal berbagai karakteristik individu, dan dapat mengenal tokoh-tokoh pada cerita fiksi. Berdasarkan informasi yang diperoleh melalui wawancara guru dan siswa kelas IV SDN Kepatihan 01 Jember bahwa pada pembelajaran tematik siswa hanya menggunakan media gambar atau media yang ada di kelas saja. Pada wawancara yang telah dilakukan, peneliti memperoleh informasi mengenai penggunaan media pembelajaran, daftar nilai dan nama siswa, proses pembelajaran selama di kelas, dan sebagainya. Pada tema 8 subtema 1 pembelajaran 3 terdapat tiga mata pelajaran dengan KD sebagai berikut: (1) IPS pada KD 3.3 yaitu mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi. KD 4.3 yaitu menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi; (2) PPKn pada KD 1.3 yaitu mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika. KD 2.3 yaitu bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika. KD 3.3 yaitu menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari. KD 4.3 yaitu mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari; dan (3) Bahasa Indonesia pada KD 3.9 yaitu mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi. KD 4.9 yaitu menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectAudio Visualen_US
dc.subjectTema Daerahen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Tema Daerah Tempat Tinggalku pada Siswa Kelas IV SDN Kepatihan 01 Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR-
dc.identifier.kodeprodi0210204-
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Eris Oktaria Umami-150210204046-CHNS-U.pdf8.84 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools