Nilai-Nilai Multikultural Dalam Teks Pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas X Sma/Ma Dan Smk/Mak
Abstract
Keberagaman dan keunikan budaya yang dimiliki Indonesia seperti ras,
suku, adat istiadat dan kepercayaan menjadikan bangsa Indonesia sebagai negara
yang kaya akan budaya. Keberagaman tersebut seharusnya menjadi hal positif
yang patut disyukuri masyarakat Indonesia. Akan tetapi, saat ini keberagaman
sering dijadikan sebuah alasan sebagai pemicu timbulnya suatu konflik di
masyarakat. Hal ini dilatarbelakangi karena kurangnya kesadaran masyarakat
Indonesia tentang identitas masyarakat yang multikultur. Salah satu cara
menumbuhkan kesadaran multikulturalisme kepada masyarakat dapat dilakukan
melalui sektor pendidikan dengan menerapkan nilai-nilai multikultural kepada
peserta didik sebagai generasi muda. Menerapkan nilai-nilai multikultural kepada
peserta didik tidak hanya menjadi tugas guru melainkan juga tugas pemerintah.
Pemerintah dapat menerbitkan buku pelajaran yang memuat nilai-nilai
multikultural seperti pada buku pelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 revisi
2016 untuk siswa kelas X SMA/MA dan SMK/MAK yang disajikan dengan
contoh-contoh teks multikultur/ beragam. Dari uraian tersebut peneliti melakukan
penelitian untuk mencari temuan nilai-nilai multikultural yang terdapat pada buku.
Permasalahan penelitian ini adalah 1) apa sajakah nilai-nilai multikultural yang
terkandung dalam teks pada buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas X
SMA/MA dan SMK/MAK, 2) bagaimanakah pengungkapan nilai-nilai
multikultural dalam teks pada buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas
X SMA/MA dan SMK/MAK. Sesuai dengan permasalahan penelitian, tujuan
penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) nilai-nilai multikultural yang terkandung
dalam teks pada buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas X SMA/MA
dan SMK/MAK, 2) pengungkapan nilai-nilai multikultural dalam teks pada buku
pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas X SMA/MA dan SMK/MAK. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif analisis wacana kritis. Data utama penelitian berupa teks
yang memuat nilai-nilai multikultural. Adapun data pendukung penelitian berupa
gambar yang terdapat pada teks. Sumber data yang digunakan berbentuk dokumen
yaitu buku Buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas X SMA/MA dan
SMK/MAK kurikulum 2013 revisi 2016 penerbit Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan Indonesia. Analisis data menggunakan analisis wacana kritis Norma
F dengan teknik dokumen dalam pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada buku pelajaran Bahasa
Indonesia untuk siswa kelas X SMA/MA dan SMK/MAK memuat 4 nilai-nilai
multikultural yang meliputi nilai toleransi, nilai penghargaan terhadap budaya
Indonesia, nilai semangat kebangsaan (nasionalisme), dan nilai kesetaraan atau
kesederajatan. Pengungkapan nilai-nilai multikultural dalam pada buku pelajaran
Bahasa Indonesia untuk siswa kelas X SMA/MA dan SMK/MAK dapat dilihat
dengan memerhatikan tema/judul, pernyataan dalam teks, gambar, dan proses
produksi yang melibatkan pemerintah sebagai penerbit buku dan juga peserta
didik sebagai konsumsi teks.
Berdasarkan pemaparan mengenai hasil dan pembahasan penelitian
tersebut, terdapat beberapa saran yang perlu disampaikan kepada beberapa pihak
yaitu; 1) mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
disarankan untuk membaca hasil penelitian ini sebagai bahan diskusi dalam
matakuliah analisis buku teks maupun pengembangan buku ajar, 2) guru Bahasa
Indonesia SMA/MA dan SMK/MAK disarankan membaca hasil penelitian ini
sebagai bahan referensi untuk pengembangan bahan ajar dengan
mengintegrasikan nilai-nilai multikultural dalam teks, 3) Penerbit buku pelajaran
bahasa Indonesia disarankan membaca hasil penelitian ini sebagai bahan
pertimbangan dalam memilih contoh-contoh teks yang multikultur dan dapat
bermanfaat bagi peserta didik., dan 4) Peneliti selanjutnya yang sebidang ilmu,
disarankan untuk melakukan penelitian yang sejenis dengan bahasan yang lebih
meluas mengenai multikultural dalam buku teks.