Browsing MT-Teacher Training and Education by Title
Now showing items 127-146 of 221
-
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PEIK(Prediksi, Eksperimen,Inferensi,Komunikasi) UNTUK PEMBELAJARAN IPA di SMP
(2017-08-04)Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yang dilaksanakan di SMP Darul Hikmah pada bulan November-Oktober semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 dengan subjek 29 orang siswa. Desain Penelitian ini ... -
Pengembangan Model Pembelajaran PIACCE untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup di SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-20)Pembaharuan proses pembelajaran pada kurikulum 2013 terletak pada pembelajaran yang menekankan pada dimensi pedagogik modern, yaitu menggunakan scientific approach, pada kompetensi dasar dalam kurikulum 2013 yang dituntut ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Pospace untuk Meningkatkan Kesadaran Metakognisi Keterampilan Proses IPA dan Hasil Belajar Siswa SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-19)Pendidikan saat ini menghadapi tantangan abad 21, dimana transformasi pembelajaran diperlukan agar siswa mampu menguasai berbagai keterampilan untuk menghadapi era persaingan ekonomi global (Suratno et al., 2019). ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based-Cooperative Learning (PB-CL) dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-01-27)Perkembangan teknologi yang pesat memberikan dampak tersendiri, termasuk dalam bidang pendidikan. Adanya kemajuan teknologi ini harus diimbangi dengan kualitas sumber daya manusianya. Peningkatan kualitas sumber daya tidak ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Problem, Mapping, Innovate, Reflection (PREMIERE) pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-26)Tantangan dalam dunia pendidikan abad ini adalah keharusan untuk mempersiapkan generasi yang mampu menyongsong tantangan global dan menjadi manusia berkualitas. Mengubah pola pembelajaran dan membentuk lulusan yang ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN QODE (QUESTIONING, ORGANIZING, DOING, AND EVALUATING) UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SMP
(2017-11-21)Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa. a. Model pembelajaran QODE (Questioning, Organizing, Doing, and Evaluating) yang valid memiliki sintakmatik yang terdiri empat tahap yaitu ... -
Pengembangan Model Pembelajaran RAIDS (Reading, Arranging, Investigating, Discussing, Sharing) pada Pembelajaran IPA Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya di Daerah Perkebunan Kopi
(Program Studi Pendidikan IPA; Jurusan Magister Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2019-07-04)Pemilihan model pembelajaran yang digunakan di kelas merupakan salah satu kegiatan awal untuk meningkatkan pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan harus disesuaikan dengan karakteristik pelajaran dan kebutuhan ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN RASI (READING, ANALYZING, SHARING, AND INFERRING) UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPA
(2016-11-24)Pembelajaran merupakan proses yang diselenggarakan guru untuk membelajarkan siswa, bagaimana belajar memperoleh dan memproses pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta memberikan kesempatan siswa belajar secara ... -
Pengembangan Model Pembelajaran RDEW (Reading, Discussing, Experiencing, and Writing) pada Pembelajaran IPA di SMP Perkebunan Kopi untuk Mengembangkan Keterapilan Metakognisi dan Hasil Belajar
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2019-07-04)Indonesia merupakan negara berkembang yang berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan. Pendidikan memiliki fungsi dapat memberdayakan potensi manusia untuk mewariskan, mengembangkan, serta membangun ... -
Pengembangan Model Pembelajaran RIDE (Reading, Investigation, Discussion, and Evaluation) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-11-08)Tujuan pendidikan semestinya tidak hanya menekankan pada perolehan pengetahuan, apalagi hanya sekedar menghafal sejumlah fakta dan konsep, tetapi harus menggambarkan hasil belajar sampai pada tingkatan berpikir tingkat ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Science Literacy Learning (SLL) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-07-27)Science education is currently directed at preparing students to live successfully in the 21st century. One of the skills students need in the 21st century is scientific literacy. Apart from that, the ability to think ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Sinektik Dengan Pendekatan CTL Efektivitasnya terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif, Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar IPA SMP di Daerah Perkebunan Kopi
(2018-12-27)Pendidikan memegang peranan sangat penting dalam menciptakan kehidupan manusia yang cerdas, damai dan terbuka. Oleh karena itu, pembaharuan di bidang pendidikan harus dilakukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Sprider Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipa Smp
(Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2021-05-07)Dunia pendidikan saat ini sedang menghadapi tantangan revolusi industri 4.0, dimana menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan abad 21 yakni keterampilan berpikir kritis, kreatif, inovatif serta komunikatif. ... -
Pengembangan Model Pembelajaran SRAS (Statement, Regulation, Assistance, Study) Untuk Meningkatkan Literasi Digital dan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-09-08)The challenges of the world of education which have entered the era of society 5.0 need to be pursued and followed up through the application of learning models in the classroom. One of the learning models based on current ... -
PENGEMBANGAN MODELBLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SMA MENGGUNAKANASSURE
(2017-01-13)Proses pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan. Secara keseluruhan melibatkan komponen-komponen antara lain peserta didik, pendidik,sarana dan prasarana belajar.Pembelajaranmenfasilitasi interaksiantara pendidikdan ... -
Pengembangan Modul Berbasis STEM-CP untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-21)Pendidikan merupakan faktor yang penting untuk menjamin peserta didik dapat memiliki keterampilan belajar dan berinovasi melalui pengetahuan yang diperolehnya serta dapat bertahan hidup dengan menggunakan keterampilan yang ... -
Pengembangan Modul Biologi Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Ekskresi untuk Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA
(2019-08-30)Salah satu upaya yang tepat dalam menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki kualitas yang baik dan bermutu tinggi yaitu pendidikan. Pemerintah telah menyelenggarakan perbaikan peningkatan mutu pendidikan pada ... -
PENGEMBANGAN MODUL CAC (CONTEXTUAL, ANALYTICAL, AND CONCEPTUAL) UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA DASAR PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
(2018-04-05)Pendidikan berperan penting dalam perkembangan kemajuan suatu bangsa, karena dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) bangsa tersebut. Berdasarkan hasil survei PISA tahun 2012 dan hasil survei PISA tahun ... -
Pengembangan Modul Digital Berbasis Inquiry Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X dengan Model 4D
(2019-09-19)Tuntutan pembelajaran pada dewasa ini sudah mengharuskan pembelajaran dengan pendekatan student centered learning dan difasilitasi dengan teknologi, sehingga menghasilkan pembelajaran yang berkualitas. Faktanya pembelajaran ... -
Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2019-07-09)Fisika didefinisikan sebagai cabang ilmu dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mempelajari tentang fenomena/gejala alam yang dibangun berdasarkan pendekatan ilmiah. Pelajaran fisika dimaksudkan sebagai wahana untuk menumbuhkan ...