Browsing STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa) by Author "Nurul Umamah"
Now showing items 1-20 of 21
-
DINAMIKA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL-FALAH PUTRI DI DESAA AMPEL KECAMATAN WULUHAN KABUPATEN JEMBER TAHUN (1981-2015)
Rengga Setya Budi; Nurul Umamah; Bambang Soepeno (UNEJ, 2016)Pesantren merupakan bagian dari lembaga pendidikan Islam di Indonesia, Pondok pesantren merupakan hasil akulturasi antara sistem pendidikan Hindu Buddha dengan sistem pendidikan Islam. Pondok pesantren dapat diklasifikasikan ... -
PEMIKIRAN MOHAMMAD HATTA TENTANG DEMOKRASI INDONESIA TAHUN 1928-1960
Feri Priyanto; Sumarjono; Nurul Umamah (UNEJ, 2016)Latar belakang penelitian ini adalah Mohammad Hatta sebagai seorang tokoh yang memiliki pemikiran serta gagasan yang cemerlang dalam bidang politik, ekonomi, sosial budaya dan agama. Salah satu gagasan Mohammad Hatta yang ... -
PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING BERBASIS ASESMENT PRODUK
Ella Rusviana Dewi; Nurul Umamah; Bambang Soepeno (UNEJ, 2014)Implementasi pendekatan berbasis konstruktivis menuntut peserta didik mampu berpikir historis. Hal inilah yang menjadi dasar kemampuan berpikir logis, kreatif, inspiratif, dan inovatif agar peserta didik dapat memaknai peristiwa ... -
PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING BERBASIS ASESMENT PRODUK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IIS 1 DI SMA NEGERI 5 JEMBER TAHUN AJARAN 2014/2015
Ella Rusviana Dewi; Nurul Umamah; Bambang Soepeno (UNEJ, 2014)mplementasi pendekatan berbasis konstruktivis menuntut peserta didik mampu berpikir historis. Hal inilah yang menjadi dasar kemampuan berpikir logis, kreatif, inspiratif, dan inovatif agar peserta didik dapat memaknai ... -
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
MARJONO,; Erly Nurul Hidayah,; Nurul Umamah (UNEJ, 2015)Paradigma baru dalam pembelajaran dan penilaian kurikulum 2013 sejalan dengan tujuan pembelajaran sejarah. Tujuan pembelajaran sejarah mengharapkan peserta didik mampu mengembangkan kreativitasnya. Penilaian hasil belajar ... -
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK
Muzayana; Nurul Umamah; Sumarno (UNEJ, 2014)Permasalahan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kurang aktif dan kurang kreatif dalam belajar sejarah dikarenakan penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Implementasi pembelajaran ... -
PENERAPAN MODEL FIGHTING QUESTIONS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS
Vannisa Aviana Melinda; Sri Handayani; Nurul Umamah (UNEJ, 2014)Pembelajaran sejarah di sekolah selama ini memiliki kendala yang dihadapi oleh peserta didik. Permasalahan yang sering terjadi adalah rendahnya aktivitas belajar peserta didik sehingga pembelajaran menjadi pasif dan ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE,
Ria Rosita; Sumarno; Nurul Umamah (UNEJ, 2014)Permasalahan dalam penelitian ini adalah peserta didik kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran sejarah. Pembelajaran sejarah didominasi oleh pendidik. Pendidik masih menggunakan pembelajaran padarigma lama yang ... -
Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle)(Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) 5E Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Kelas X5 SMA N 1 Pakusari Tahun Ajaran 2013/2014
SURANRO,; Retno Sri Wulandari,; Nurul Umamah (UNEJ, 2014)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar sejarah kelas X5 di SMA N 1 Pakusari tahun ajaran 2013/2014 melalui "Penerapan model pembelajaran siklus belajar (Learning Cycle) 5E". Pelaksanaan ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK
Siti Jazilah; Suranto; Nurul Umamah (UNEJ, 2014)Kurikulum 2013 menuntut adanya perubahan pada paradigma pembelajaran. Perubahan yang dimaksud adalah lebih menekankan pada upaya melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran terutama dalam kegiatan ... -
Penerapan Pembelajaran Aktif Team Quiz Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
Puput Septy Wahyu Anggraini; Nurul Umamah; Suranto (UNEJ, 2014)Pembelajaran sejarah di sekolah terkesan membosankan dan tidak menarik. Berdasarkan hasil obsevasi proses pembelajaran sejarah di kelas peserta didik bukan hanya menguasai materi, tetapi diharapkan aktif dan mampu berpikir ... -
Penerapan Project Based Learning Dengan Performance Assessment
Emilliyah Nurjanah; Suranto; Nurul Umamah (UNEJ, 2015)Pembelajaran sejarah memiliki tujuan agar peserta didik memiliki beberapa kemampuan, kemampuan tersebut salah satunya adalah peserta didik mampu mengembangkan kemampuan berpikir historis (historical thinking) yang ... -
Penerapan Project Based Learning Dengan Performance Assessment Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Sejarah
Emilliyah Nurjanah; Suranto; Nurul Umamah (UNEJ, 2015)Pembelajaran sejarah memiliki tujuan agar peserta didik memiliki beberapa kemampuan, kemampuan tersebut salah satunya adalah peserta didik mampu mengembangkan kemampuan berpikir historis (historical thinking) yang menjadi ... -
PENERAPAN STRATEGI SQ3R DENGAN METODE BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SEJARAH
Radna Dwi Astuti; Sri Handayani; Nurul Umamah (UNEJ, 2014)Latar belakang dari penelitian ini adalah kurang tepatnya penggunaan strategi yang digunakan pendidik yaitu pembelajaran langsung dimana pendidik masih menjadi pusat dari pembelajaran. Peserta didik belajar hanya untuk ... -
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SUB POKOK BAHASAN KERAJAAN MAJAPAHIT
Tini Hendrayati; Moh. Na'im; Nurul Umamah (UNEJ, 2014)Pembelajaran Sejarah dengan menggunakan Kurikulum 2013 bertujuan untuk mendorong peserta didik, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan apa yang mereka peroleh atau mereka ... -
Pengembangan Model Blended Learning pada Pembelajaran Sejarah SMA Menggunakan ASSURE
Riyati; Sumardi; Nurul Umamah (UNEJ, 2016)Proses pengembangan dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan model Blended Learning dengan menggunakan ASSURE yang layak, praktis, dan efektif yang memerlukan perangkat-perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian yang ... -
Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Murder Kelas X SOS SMA Negeri 1 Maron Probolinggo Tahun Ajaran 2014/2015
MARJONO,; Agus Wijaya,; Nurul Umamah (UNEJ, 2015)Paradigma pembelajaran saat ini mengalami perubahan yang semula berpusat pada pendidik menjadi berpusat pada peserta didik. Pendidik diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran yang menuntut peserta didik aktif dalam ... -
PERANAN ANGKATAN LAUT DALAM PERJUANGAN MEMBEBASKAN IRIAN BARAT TAHUN 1949-1962
Zaroh Ary Bawani; Nurul Umamah; Sumardi (UNEJ, 2015)Peranan Angkatan Laut dalam perjuangan membebaskan Irian Barat merupakan komponen utama, di mana Angkatan Laut berkewajiban untuk menjaga integritas wilayah NKRI serta mempertahankan stabilitas keamanan di Laut, karena ... -
PERANAN HARUN AL-RASYID DALAM KEKHALIFAHAN ABBASIYAH
Nani Ismiyati; Sutjitro; Nurul Umamah (UNEJ, 2015)Harun al-Rasyid adalah salah seorang figure pemimpin yang berada pada pemerintahan dinasti Abbasiyah, suatu dinasti yang tumbuh dan berkembang setelah dinasti Umayyah runtuh pada tahun 750. Dinasti Abbasiyah merupakan ... -
PERANAN HARUN AL-RASYID DALAM KEKHALIFAHAN ABBASIYAH
Nani Ismiyati; Sutjitro; Nurul Umamah (UNEJ, 2015)Harun al-Rashid is one of the figures who are leaders in the Abbasid rule, a dynasty that grows and develops Umayyad dynasty after dynasty collapsed in 750. Abbasid caliphate Islamic ruling is in Baghdad. Harun al-Rashid ...