Browsing STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa) by Author "NURIMAN"
Now showing items 1-14 of 14
-
Penerapan Metode Discovery untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Energi Panas di SDN Balung Lor 04 Jember
FAIRUZ, Navisah; NURIMAN; AGUSTININGSIH (UNEJ, 2013)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas pada siswa kelas IV di SDN Balung Lor 04 . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Balung ... -
Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Pokok Bahasan Tumbuhan Hijau di SD Negeri Mumbulsari 1 Kabupaten Jember Tahun 2013-2014
BUDIARSO, Setiawan; NURIMAN; AGUSTINIGSIH (UNEJ, 2014)Pembelajaran IPA di SD Negeri Mumbulsari 1 Jember hanya menggunakan metode ceramah dan tidak pernah melakukan eksperimen. Dampak dari kondisi ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, oleh sebab itu ... -
Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Kotaanyar III Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Tahun Pelajaran 2012/2013
PRASTIKA, Ika Januarta Yuli; NURIMAN; AGUSTININGSIH (UNEJ, 2013)Latar belakang masalah yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran IPA di SDN Kotaanyar III Probolinggo adalah guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan ... -
Penerapan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVA Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi Di SDN Karangrejo 02 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015
PUTRI, Ferdina Aristya; NURIMAN; AGUSTININGSIH (UNEJ, 2015)Penerapan metode pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Metode pembelajaran yang berlangsung di SDN Karangrejo 02 Jember belum bervariasi, misalnya tidak ada ... -
Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Melalui Metode Eksperimen Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi di SD Negeri Mandiro 2 Tegalampel Bondowoso Tahun Pelajaran 2013/2014
DETAGORY, Weldy Nugroho; NURIMAN; AGUSTININGSIH (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mandiro 2 Tegalampel Bondowoso dengan tujuan mendeskripsikan penerapan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) melalui metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan ... -
Penerapan Strategi Discovery untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil
RAMADHANTI, Geby; NURIMAN; KHUTOBAH (UNEJ, 2014)Pembelajaran IPA di kelas V b SDN Ajung 03 masih menggunakan metode yang konvensional, yaitu suatu metode yang menititikberatkan pada guru sebagai subyek aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada rendahnya ... -
Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Pelem 2 Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015
YULY, Fanny Dea Kartika; AGUSTININGSIH; NURIMAN (UNEJ, 2015)Di SDN Pelem 2 Pare, Kediri belum malaksanakan pembelajaran dengan efektif, inovatif, menantang, dan menyenangkan. Salah satu upayanya adalah dengan mamanfaatkan media pembelajaran secara optimal. Tujuan penelitian ini ... -
Pengaruh Penggunaan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Sistem Pencernaan dan Pernapasan Siswa Kelas V Sd
OKTAVIA, Lina Puspa; NURIMAN; AGUSTININGSIH (UNEJ, 2015)Salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam proses belajar mengajar adalah media pembelajaran. Macromedia flash merupakan media yang menyediakan fasilitas untuk menampung pokok-pokok pembicaraan yang akan disampaikan ... -
Pengaruh Penggunaan Media Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Mata Pelajaran IPAdi SDN Ajung 01 Ajung-Jember Tahun Pelajaran 2013/2014
PANGESTI, Shella Indria Dwi; NURIMAN; AGUSTINIGNSIH (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Ajung 01 Ajung-Jember dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini ... -
Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Bumi dan Langit Siswa Kelas IV SDN
MARRIS, Sila Oryza; NURIMAN; AGUSTININGSIH (UNEJ, 2015)Teknik mind mapping merupakan teknik untuk meringkas bahan yang sudah dipelajari dalam bentuk pemetaan pikiran yang melibatkan otak kiri dan kanan. Teknik mind mapping menggunakan teknik grafis yang berasal dari pemikiran ... -
Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Perubahan Kenampakan Bumi Siswa Kelas IV SDN Tamanan 2 Bondowoso
AZMI, Arina Nuri; NURIMAN; AGUSTINIGSIH (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tamanan 2 Bondowoso dengan tujuan untuk mengkaji adanya pengaruh penggunaan video animasi terhadap hasil belajar perubahan kenampakan bumi siswa kelas IV. Permasalahan yang menjadi latar ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching
FITRIYANI, Risqa Sauma; NURIMAN; AGUSTININGSIH (UNEJ, 2015)Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IVA SDN Sumbersari 01 Jember menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan energi panas dan bunyi masih rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Gaya Gesek Melalui Model Inkuiri Siswa Kelas 5 SDN Pakusari 01 Jember
NERPATI, Rani Dwi; NURIMAN; BEKTIARSO, Singgih (UNEJ, 2013)Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model inkuiri pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dari penelitian ini ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV-A SDN Patrang 01 Jember pada Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Gaya Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS)
HUSADA, Ambar Sinta; NURIMAN; MUTROFIN (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Patrang 01 Jember dengan tujuan untuk meningkatakan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV-A melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS). Hal ini dikarenakan ...