Search
Now showing items 1-10 of 16
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BUCOR KULON 01 TAHUN PELAJARAN 2009/2010
(2014-01-24)
Pembelajaran IPA SD/MI merupakan cara mencari tahu tentang alam secara
sistematis untuk menguasai pengetahuan, fakta–fakta, konsep–konsep, prinsip–
prinsip, proses penemuan, dan memiliki sikap ilmiah. Berdasarkan hasil ...
PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BANGUN RUANG SISWA KELAS V SEMESTER II TAHUN 2010/2011 SDN ARGOSARI 02 SENDURO LUMAJANG
(2014-01-24)
Banyak faktor yang menentukan keberhasilan proses belajar mengajar, di
antara faktor-faktor tersebut yang paling dominan adalah guru, siswa dan sarana
buku penunjang. Dari faktor guru, hendaknya guru menguasai materi ...
MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP
(2015-12-11)
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya fisika, pada hakikatnya merupakan
proses dan produk tentang pengkajian gejala alam. Sehingga untuk menguasai Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya fisika tidak cukup hanya diperoleh ...
PENERAPAN MODEL POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN RETENSI SISWA DI SMP
(2017-10-20)
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan
desain penelitian True Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VIII SMP. Jumlah kelas ada 4 kelas yaitu kelas VIII A, VIII B, ...
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MAN 2 JEMBER
(2017-10-20)
Keterampilan proses merupakan bagian penting dari pembelajaran IPA
khususnya biologi. Biologi sebagai salah satu bagian dari sains yang mencakup
permasalahan tentang makhluk hidup seringkali melibatkan proses dan ...
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP
(2017-12-21)
IPA merupakan ilmu yang lahir dan berkembang lewat langkah-langkah
observasi, perumusan masalah, penyusunan hipotesis, pengujian hipotesis melalui
eksperimen, penarikan kesimpulan, serta penemuan teori dan konsep ...
PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN BENDA DAN SIFATNYA SISWA KELAS IV SDN PURWOASRI 01 GUMUKMAS
(2018-03-31)
Pembelajaran IPA seharusnya menjadi pembelajaran yang menuntut
keaktifan siswa. Namun, berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN
Purwoasri 01 diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran masih berpusat pada
guru ...
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FISIKA (STUDI PADA KELAS X MIA DI MAN 1 JEMBER)
(2017-03-10)
Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan tempat
penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian
ini dilaksanakan di MAN 1 Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah
dilakukan ...
PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VA POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA SDN KEBONSARI 04 JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017
(2017-08-28)
Hasil wawancara dengan guru kelas menunjukkan adanya permasalahan
pada pembelajaran IPA yaitu pembelajaran masih menggunakan metode dan media
yang kurang bervariasi serta siswa masih kesulitan membedakan jenis-jenis
pengungkit ...
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SDN LEMBENGAN 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012
(2013-10-29)
Pendidikan IPA menekankan pada pemberian pengalaman belajar langsung
pada siswa dengan tujuan agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar
secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk mencari tahu ...