Browsing UT-Faculty of Teacher Training and Education by Title
Now showing items 2235-2254 of 14251
-
ENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN HIMPUNAN KELAS VII SMP NEGERI 1 SILO
(2014-01-24)Matematika merupakan ilmu yang mendasari perkembangan teknologi yang berperan penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Matematika juga mempunyai peranan penting dalam pendidikan. Hal ini terbukti ... -
ENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL DI SDN MANGLIWETAN 1 BONDOWOSO
(2013-12-18)Salah satu tujuan pembelajaran IPS adalah untuk menjadikan siswa mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan sosial. Untuk mencapai tujuan pembelajaran IPS di ... -
ENERAPAN METODE TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Memahami Uang dan Pe rbankan Kelas X.4 SMA Negeri Umbulsari Tahun Ajaran 2010/2011)
(2013-12-06)Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang menggunakan beberapa seni dan strategi tertentu untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Dimana di dalamnya memerlukan beberapa metode dan teknik yang tepat ... -
ENERAPAN METODE TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Memahami Uang dan Pe rbankan Kelas X.4 SMA Negeri Umbulsari Tahun Ajaran 2010/2011)
(2014-01-16)Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang menggunakan beberapa seni dan strategi tertentu untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Dimana di dalamnya memerlukan beberapa metode dan teknik yang tepat ... -
ENERAPAN MODEL ELABORASI TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA DI SMA
(2013-12-20)Pembelajaran fisika tidak harus lagi mengarah kepada pembelajaran yang bersifat instruksional, yaitu pembelajaran yang hanya dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan biasanya terpusat pada guru, tetapi harus ... -
ENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E (LC 5E) DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS DAN RESITASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 RAMBIPUJI
(2013-12-20)Fisika merupakan hasil dari kegiatan manusia berupa pengetahuan, gagasan, dan konsep yang terorganisasi tentang alam sekitar yang diperoleh dari pengalaman melalui serangkaian proses ilmiah. Oleh karena itu proses ... -
ENERAPAN MODEL MEMORISASI BERBANTUAN FLASH VIDEO TEKNIK CONCEPT MAPPING (PETA KONSEP) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
(2013-12-20)Fisika merupakan suatu ilmu yang ditujukan untuk mempelajari semua gejala alam. Pendidikan di Indonesia sejauh ini masih didominasi oleh model pembelajaran konvensional yang didalamnya terdapat metode ceramah, demonstrasi ... -
ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BESTEK-KREATIF TIPE ERUPT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM KEGIATAN DISKUSI PADA SISWA KELAS XI IPA 5 SMA NEGERI ARJASA
(2013-12-04)Penerapan model pembelajaran Bestek-Kreatif tipe ERUPT bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam kegiatan diskusi siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri Arjasa. Hal tersebut dilakukan karena keterampilan berbicara ... -
ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF DENGAN PETA KETERKAITAN KONSEP MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 2 DI SMA NEGERI 1 BESUKI TAHUN AJARAN 2012/2013
(2013-12-05)Selama ini pendidikan sejarah diidentikan sebagai pembelajaran yang membosankan di kelas. Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran hendaknya harus tepat dan juga memikirkan bagaimana materi ... -
ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED, READING AND COMPOSITION ) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN II KABAT KECAMATAN KABAT BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2013-12-10)Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk SD Kelas IV semester 2, Standar Kompetensi yang harus dicapai siswa adalah 1)mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun, 2) mengungkapkan ... -
ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN METODE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, dan REVIEW) PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV ) KELAS VIIIB SEMESTER GANJIL SMP MUHAMADIYAH 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2005/2006
(2014-01-22)odel pembelajaran generatif dengan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review) merupakan suatu model pembelajaran untuk mereduksi miskonsepsi siswa sehingga dari miskonsepsi itu dapat diperoleh ... -
ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA REALITA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GLAGAHWERO 02 KALISAT TAHUN AJARAN 2010/2011
(2014-01-20)Kenyataan di SDN Glagahwero 02 menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA lebih sering menggunakan model konvesional/ceramah, jarang menggunakan media belajar dan berpusat pada guru pada setiap pembelajaran ... -
ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI FISIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI SUKORAMBI TAHUN AJARAN 2011/2012
(2013-12-20)Penelitian dengan judul penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media permainan monopoli fisika untuk meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas ... -
ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMEN DAN HASIL BELAJAR PECAHAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS III SDN SEMPUSARI 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011
(2014-01-24)Hasil belajar siswa yang rendah secara klasikal disebabkan oleh pendekatan pembelajaran matematika yang cenderung terpusat pada guru sehingga menyebabkan siswa cenderung pasif dalam menyampaikan ide, maupun gagasannya. ... -
ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
(2014-01-22)Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk kualitas sumber daya manusia yang berkompetensi tinggi. Fisika bagian dari IPA merupakan ilmu yang bersifat empiris, artinya setiap hal yang dipelajari ... -
ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) DISERTAI LKS PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
(2013-12-20)Permasalahan dalam bidang pendidikan yang sering dibicarakan adalah mengenai rendahnya mutu pendidikan yang tentunya sangat mempengaruhi kualitas Sumber Daya Manusia. Peningkatan mutu pendidikan tidak terlepas dari kualitas ... -
ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI TEMPEH
(2013-12-12)Berdasarkan hasil observasi awal aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Tempeh masih rendah dibandingkan kelas XI IPS yang lain. Demikian juga hasil belajarnya belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ... -
ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENGURANGI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR KELAS X-2 SMA NEGERI GRUJUGAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2010/2011
(2014-01-20)Mutu pendidikan tidak terlepas dari faktor-faktor penentu dalam kegiatan belajar mengajar seperti guru, siswa, mata pelajaran, metode pengajaran, dan sarana serta fasilitas sekolah lainnya. Berdasarkan hasil observasi ... -
ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA DI KELAS X TSM 2 SMK NEGERI 1 SUBOH SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
(2014-01-20)Pembelajaran fisika saat ini sering mengalami kendala, diantaranya adalah penggunaan model pembelajaran dan media yang kurang tepat, kondisi kelas yang selalu pasif, serta kurangnya guru memperhatikan keadaan dan minat ... -
enerapan Model Problem Posing Dengan Metode Tugas Terstruktur Dalam Pembelajaran Fisika di SMA; Rr. Laksmi Wulandari
(2013-12-27)Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar fisika siswa di SMA, akibat PBM yang kurang sesuai dengan karakteristik dan hakikat pembelajaran IPA (fisika). Proses pembelajaran di sekolah ...