Show simple item record

dc.contributor.authorALVITA, Fiona Nada
dc.date.accessioned2025-10-29T07:09:50Z
dc.date.available2025-10-29T07:09:50Z
dc.date.issued2025-04-29
dc.identifier.nim210210204115en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128507
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 29 Oktober 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPembelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang berperan penting dalam kehidupan. Matematika merupakan dasar dalam membangun penalaran peserta didik sehingga membantu memperjelas masalah, meningkatkan kemampuan komunikasi, serta mengembangkan sikap kritis dan teliti. Keberhasilan dalam pembelajaran matematika dapat diukur dari tercapainya tujuan pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran yang dikaitkan dengan pemanfaatan teknologi digital yang diterapkan pada materi bangun datar siswa kelas IV. Penggunaan media yang inovatif akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Peserta didik kelas IV B MI Darun Najah II Banyuwangi membutuhkan materi yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari seperti mengaitkannya dengan budaya yang ada di daerah Banyuwangi dan dikemas dalam bentuk yang inovatif yaitu e-comic berbantuan media webtoon. Produk ajar tersebut dirasa sesuai untuk dikembangkan dan disisipkan pada materi bangun datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analyze (analisis) melalui kegiatan observasi dan wawancara untuk mengetahui kebutuhan peserta didik. Analisis berupa analisis kurikulum yaitu menyesuaikan media yang dikembangkan sesuai dengan arah, tujuan, dan isi dalam kurikulum merdeka, analisis siswa yaitu melihat perkembangan kognitif, minat belajar, dan kemampuan teknologi peserta didik yang menunjukkan bahwa peserta didik minat terhadap media pembelajaran berbasis visual, cerita dan teknologi, dan analisis materi menunjukkan bahwa materi bangun datar dan budaya lokal dapat memperkuat pemahaman siswa terhadap konsep melalui ecomic. Tahap kedua adalah Design (perencanaan) berupa penyusunan alur cerita, storyboard, desain visualisasi, narasi, karakter, dan latar. Tahap ketiga adalah Development (pengembangan) yang berisi penentuan jenis bahan ajar, menyusun isi materi dan menyesuaikannya dengan alur cerita, merancang media, merevisi produk ajar, memvalidasi produk, dan melakukan uji empirik di SD Negeri 4 Penganjuran Banyuwangi. Tahap keempat adalah Implementation (pelaksanaan) yaitu produk ajar, alat evaluasi, dan lembar angket respon peserta didik yang sudah divalidasi kemudian digunakan di MI Darun Najah II Banyuwangi. Hasilnya kemudian diolah untuk dianalisis. Tahap kelima adalah Evaluation (evaluasi) yaitu menganalisis semua tahap mulai dari analisis hingga pelaksanaan. Hasil data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan e-comic berbasis kearifan lokal Banyuwangi berbantuan media webtoon pada materi bangun datar siswa kelas IV digunakan untuk menarik kesimpulan dan penilaian produk pengembangan. Hasil dari penelitian ini adalah e-comic berbasis kearifan lokal Banyuwangi berbantuan media webtoon memiliki tingkat kevalidan yang sangat layak dengan skor 95%. Nilai tersebut diperoleh dari validator ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi. Hasil uji kepraktisan melalui angket respon peserta didik memperoleh nilai 89,4% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan produk diperoleh dari uji paired sample t-test yang memperolah nilai signifikansi 0,000 menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam pembelajaran. Hasil uji keefektifan relatif internal memperoleh nilai 92% dan dinyatakan efektif dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah e-comic berbasis kearifan Lokal Banyuwangi berbantuan media webtoon pada materi bangun datar kelas IV telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Drs. Nuriman, Ph.D. DPA: Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectE-comicen_US
dc.subjectKearifan Lokal Banyuwangien_US
dc.subjectWebtoonen_US
dc.subjectMateri Bangun Dataren_US
dc.titlePengembangan E-comic Berbasis Kearifan Lokal Banyuwangi Berbantuan Media Webtoon pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV MI Darun Najah II Banyuwangien_US
dc.title.alternativeThe Development of E-Comic Based on Banyuwangi's Local Wisdom with The Assistance of Webtoon Media on Two-Dimentional Shapes Material for Class IV MI Darun Najah II Banyuwangi studentsen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Nuriman, Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorHasyimen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record