| dc.contributor.author | FARAHIYAH, Triana | |
| dc.date.accessioned | 2025-10-24T08:14:52Z | |
| dc.date.available | 2025-10-24T08:14:52Z | |
| dc.date.issued | 2025-01-09 | |
| dc.identifier.nim | 180210205059 | en_US |
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128445 | |
| dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 24 Oktober 2025_Kurnadi | en_US |
| dc.description.abstract | Manajemen adalah suatu proses yang mencakup empat kegiatan khusus, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian (evaluasi atau penilaian). Setiap manusia mengembangkan kecerdasan dengan berbagai cara yang biasa disebut dengan kecerdasan majemuk. Penelitian ini mempunyai maksud dan tujuan dalam mendeskripsikan manajemen pembelajaran berbasis multiple intelligences di RA Ulul Albab Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilakukan adalah menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian akan dilakukan di RA Ulul Albab, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Desain penelitian atau desain penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi lapangan. Dapat disimpulkan bahwa perencanaan kegiatan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk dimulai sebelum guru melaksanakan kegiatan pembelajaran, guru terlebih dahulu menyusun kegiatan yang akan dilaksanakan, menyiapkan bahan dan alat yang akan digunakan serta penilaian yang akan dilakukan. keluar. Sebelum anak melakukan kegiatan pembelajaran, anak telah melakukan tes E-Mint Research terlebih dahulu untuk mengetahui kecerdasan dominan anak. Tes ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh profil kecerdasan majemuk dominan yang dimiliki setiap anak. Materi kegiatan yang akan diberikan guru pada saat pelaksanaan pembelajaran disesuaikan dengan tema yang akan diberikan. Proses pelaksanaan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk di RA Ulul Albab melalui tiga tahap, yaitu kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Terakhir, melaksanakan penilaian autentik yang meliputi penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan. | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
| dc.subject | Manajemen Kegiatan Pembelajaran | en_US |
| dc.subject | Multiple Intelligences | en_US |
| dc.title | Manajemen Kegiatan Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences di RA Ulul Albab Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023 | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini | en_US |
| dc.identifier.pembimbing1 | Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A. | en_US |
| dc.identifier.pembimbing2 | Reski Yulina Widiastuti, S.Pd., M.Pd. | en_US |
| dc.identifier.validator | Hasyim | en_US |