Show simple item record

dc.contributor.authorKAHFI, Shohibul
dc.date.accessioned2025-10-21T05:56:31Z
dc.date.available2025-10-21T05:56:31Z
dc.date.issued2025-02-28
dc.identifier.nim210210103111en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128423
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 21 Oktober 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPembelajaran abad ke-21 yang merupakan konsep pendidikan yang menyesuaikan diri dengan tuntutan teknologi dan perkembangan zaman. Terdapat tiga kompetensi besar yang ada pada abad ke-21 yaitu life and career skills, learning and innovation skills (4Cs), dan information media and technology skills. Pembelajaran abad ke-21 yang merupakan konsep pendidikan yang menyesuaikan diri dengan tuntutan teknologi dan perkembangan zaman. Perlombaan pendidikan dengan teknologi akan terus berkembang dan terus beradaptasi karena pendidikan yang terlambat dari teknologi maka produktivitas akan menurun. Permasalahan utama pembelajaran dari siswa adalah kurangnya minat belajar dan rendahnya keterampilan berpikir kreatif. Selain itu, selama beberapa dekade terakhir, iklim pendidikan dipenuhi banyak pembunuh kreatifitas guru dan siswa karena menganggap nilai ujian adalah segalanya yang berakibat tidak ada ruang untuk melatih kreatifitas. Kurangnya minat dan keterampilan berpikir kreatif dapat diatasi dan dibantu dengan penerapan model Brain-Based Learning (BBL). BBL adalah cara belajar yang disesuaikan dengan kemampuan otak secara alamiah. Model BBL meningkatkan minat dan kreatifitas siswa sehingga membantu siswa untuk memahami materi yang sulit. Materi sistem peredaran darah tergolong sulit karena siswa banyaknya istilah dan kurangnya visualisasi yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Materi sistem peredaran darah yang sulit dapat dipahami lebih mudah dengan penggunaan media aplikasi ClassDojo karena ada visualisasi interaktif dan inovatif. ClassDojo membantu siswa untuk meningkatkan minat belajar, interaksi, dan senang di waktu yang sama. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan ClassDojo sebagai virtual class yang terbukti dapat mendukung 4C skills yaitu kreativitas dalam pembelajaran abad ke-21. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Model Brain-Based Learning dengan Media ClassDojo pada Materi Sistem Peredaran Darah terhadap Minat Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Kalisat Jember pada semester Tahun Ajaran 2024/2025. Sampel penelitian yang digunakan terdapat 2 kelas yaitu, kelas XI-5 sebagai kelas kontrol dan XI-4 sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif kuasi eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji ANAKOVA untuk minat belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan SPSS 24. Hasil minat belajar siswa pada kelas kontrol setelah penelitian memiliki rata-rata 76,28 dengan kategori sangat baik dan rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,94 dengan kategori sangat baik. Hasil uji ANAKOVA minat belajar memiliki nilai signifikansi sebesar 0,041 (<0,05). Hasil keterampilan berpikir kreatif kelas kontrol setelah penelitian memiliki rata-rata sebesar 74,11 dengan kategori kreatif. Sedangkan kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 82,32 dengan kategori sangat kreatif. Berdasarkan hasil uji ANAKOVA keterampilan berpikir kreatif diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,003 (<0,05). Oleh karena itu, H0 ditolak dan H1 diterima yang menunjukkan bahwa model Brain-Based Learning menggunakan media ClassDojo memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Minat Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr. Dra. Jekti Prihatin, M.Si. DPA: Nadyatul Ilma Indah Savira, S.Si., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectBrain-Based Learningen_US
dc.subjectClassDojoen_US
dc.subjectMateri Sistem Peredaran Darah Manusiaen_US
dc.subjectKeterampilan Berpikir Kreatifen_US
dc.subjectMinat Belajaren_US
dc.titlePengaruh Model Brain-Based Learning dengan Media ClassDojo pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia terhadap Minat Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Biologien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Dra. Jekti Prihatin, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Nadyatul Ilma Indah Savira, S.Si., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorRudy Ken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record