Show simple item record

dc.contributor.authorNISA’, Weni Khoiru
dc.date.accessioned2025-10-21T05:53:31Z
dc.date.available2025-10-21T05:53:31Z
dc.date.issued2025-02-12
dc.identifier.nim210210103013en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128422
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 21 Oktober 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractBanyak konsep abstrak yang sulit dipahami oleh siswa salah satunya yaitu pada materi sel. Penggunaan media pembelajaran yang kurang variatif menyebabkan pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan oleh guru masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan penggunaan media pembelajaran berbasis augmented reality (AR). Media pembelajaran augmented reality (AR) merupakan media yang mampu menampilkan objek secara 3D dan bersifat interaktif. Siswa akan lebih tertarik dan tidak mudah merasa bosan dan jenuh saat menerima materi menggunakan media AR. Belum banyak penelitian terkait media pembelajaran augmented reality yang dikembangkan pada materi sel guna mendukung salah satu dimensi dalam profil pelajar pancasila yaitu dimensi gotong royong. Dimensi gotong royong pada profil pelajar pancasila sangat penting ditanamkan dalam diri siswa untuk membentuk karakter yang sesuai dengan nilai-nilai pada Pancasila. Media augmented reality diharapkan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi sel untuk menanamkan sikap gotong royong yang mampu mendukung profil pelajar pancasila bagi siswa SMA. Penelitian dilaksanakan di kelas XI SMAN Kalisat pada semester ganjil Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini hanya dilakukan pada 1 kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas X1-7. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Research and Development (R&D) dan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate) namun pada penelitian ini hanya sampai tahap development. Metode pengumpulan data menggunakan data primer yaitu angket kebutuhan guru dan siswa, validasi ahli, angket kepraktisan respon siswa, pre-test dan post-test, penilaian dimensi gotong royong pada P3 serta data sekunder berupa studi pustaka jurnal, buku, dan laman resmi Kemendikbud. Data uji validitas diperoleh dari hasil validasi oleh validator materi, media, dan pengguna. Sedangkan data uji kepraktisan diperoleh dari pengambilan angket kepraktisan respon siswa. Data uji efektifitas diperoleh dari hasil belajar siswa berupa pre-test dan post-test selanjutnya dianalisis menggunakan rumus normalized gain. Uji ketercapaian dimensi gotong royong pada P3 dengan media pembelajaran augmented reality diperoleh berdasarkan rubrik penilaian ketercapaian dimensi gotong royong pada P3 pada proses pengerjaan LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas media pembelajaran augmented reality oleh ahli materi sebesar 82,20% dengan kategori sangat valid, ahli media diperoleh hasil sebesar 87,50% dengan kategori sangat valid, dan ahli pengguna diperoleh hasil sebesar 81,33% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran augmented reality menggunakan angket kepraktisan respon siswa dengan rata-rata hasil presentase pada semua aspek sebesar 86,1% dengan kategori sangat praktis. Efektifitas media pembelajaran augmented reality pada materi sel termasuk dalam kategori sedang dengan nilai N-Gain yaitu sebesar 0,45. Ketercapaian dimensi gotong royong pada P3 dengan media pembelajaran augmented reality pada materi sel juga tergolong sedang dengan rata-rata nilai keseluruhan aspek sebesar 69,2%. Secara keseluruhan, media pembelajaran augmented reality yang telah dikembangkan dalam ketegori sangat valid, praktis, dan efektif dalam kategori sedang, serta mampu mendukung dimensi gotong royong pada P3 pada tingkat sedang. Namun, masih terdapat ruang untuk meningkatkan efektivitas dan ketercapaian dimensi gotong royong pada P3 dengan media pembelajaran AR.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr. Slamet Hariyadi, M.Si. DPA: Aditya Kurniawan, S.Si., M.Biomed.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectMedia Pembelajaran Augmented Realityen_US
dc.subjectDimensi Gotong Royongen_US
dc.subjectProfil Pelajar Pancasilaen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Materi Sel untuk Mendukung Dimensi Gotong Royong pada Profil Pelajar Pancasila di SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Biologien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Slamet Hariyadi, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Aditya Kurniawan, S.Si., M.Biomed.en_US
dc.identifier.validatorRudy Ken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record