Show simple item record

dc.contributor.authorPUTRI, Vitalia Kerina
dc.date.accessioned2025-10-13T05:44:11Z
dc.date.available2025-10-13T05:44:11Z
dc.date.issued2024-09-02
dc.identifier.nim190810301070en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128344
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 13 Oktober 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractSetiap perusahaan pasti memiliki tujuan yang salah satunya adalah mengoptimalkan keuntungan. Saat ini, banyak perusahaan yang memiliki hubungan istimewa baik dengan anak perusahaan maupun afiliasinya. Dalam menjalin hubungan istimewa, penetapan harga transfer adalah hal krusial yang membutuhkan perhatian khusus. Lebih dari 80% perusahaan multinasional menganggap transfer pricing sebagai isu penting dalam bidang perpajakan internasional. Transfer pricing adalah penetapan harga untuk transaksi internal maupun eksternal antar unit bisnis dalam perusahaan. Transfer pricing menjadi penting dikarenakan transaksi antar pihak yang memiliki hubungan istimewa menjadi transaksi yang mempunyai fleksibilitas. Fleksibilitas yang tidak wajar akan menjadi praktik transfer pricing yang agresif dan ilegal serta merugikan negara. Beberapa fenomena transfer pricing telah terjadi di Indonesia salah satunya pada tahun 2019 oleh PT. Adaro Energy Tbk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi transfer pricing. Transfer pricing sering terjadi pada perusahaan yang memiliki banyak divisi atau unit bisnis yang saling berinteraksi, termasuk perusahaan manufaktur. Penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur subsektor industri barang konsumsi sebagai objek penelitian. Variabel independen yang digunakan ialah profitabilitas, debt covenant dan mekanisme bonus. Variabel ini dipilih karena menunjukkan efisiensi perusahaan dalam menggunakan sumber daya, likuiditas, dan peningkatan kinerja perusahaan dari tahun sebelumnya ke tahun ini, yang mana dinilai bisa menjadi faktor yang mempengaruhi praktik transfer pricing. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Data yang digunakan pada penelitian ini ialah data sekunder atau data yang tidak diperoleh langsung oleh penulis. Data sekunder yang digunakan berupa laporan keuangan perusahaan than 2019-2022 yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 26 perusahaan yang akan dijadikan sampel penelitian sesuai dengan syarat yang telah ditentukan oleh peneliti. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala rasio. Metode analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan koefisien determinan. Berdasarkan penelitian ini diperoleh beberapa hasil. Variabel profitabilitas yang diproyeksikan menggunakan operating profit margin berpengaruh negatif terhadap transfer pricing. Variabel debt covenant yang diproyeksikan menggunakan debt to equity ratio tidak memiliki pengaruh terhadap transfer pricing. Sedangkan, variabel mekanisme bonus yang diproyeksikan menggunakan indeks tren laba bersih memiliki pengaruh signifikan positif terhadap transfer pricing. Penelitian ini memiliki batasan penelitian yaitu berfokus pada perusahaan subsektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan data penelitian yang digunakan sejak tahun 2019-2022. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa saran yang diberikan. Bagi perusahaan, untuk mengurangi risiko manipulasi transfer pricing perusahaan harus meningkatkan transparansi dan pengawasan internal. Hal ini bisa dilakukan dengan menetapkan kebijakan transfer pricing yang jelas dan sesuai dengan regulasi yang berlaku serta melakukan audit internal secara berkala. Bagi penelitian selanjutnya, dapat menggunakan variabel dan objek penelitian yang berbeda dengan penelitian ini. Selain itu, peneliti selanjutnya juga dapat menggunakan data tahun lain atau tahun terbaru.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ekonomi dan Bisnisen_US
dc.subjectProfitabilitasen_US
dc.subjectDebt Covenanten_US
dc.subjectMekanisme Bonusen_US
dc.subjectTransfer Pricingen_US
dc.titlePengaruh Profitabilitas, Debt Covenant dan Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing (Studi Empiris pada Perusahaan Subsektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiAkuntansien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Yosefa Sayekti, S.E, M.Com.en_US
dc.identifier.pembimbing2Septarina Prita Dania Sofianti, MSA, S.E., Ak.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Oktober 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record