Pengaruh Green Product dan Green Advertising Terhadap Minat Beli Melalui Citra Merek Produk Eiger di Jember
Abstract
Pemanasan global, polusi dan perubahan iklim merupakan beberapa
permasalahan yang terjadi telah menjadi isu yang semakin memprihatinkan di dunia
internasional, termasuk di Indonesia. Konsep green marketing terdiri dari semua
aktivitas pemasaran yang diaplikasikan untuk merangsang dan menerapkan sikap
dan perilaku ramah lingkungan. Salah satu perusahaan yang sudah menerapkan
konsep green marketing yaitu Eiger. Perusahaan Eiger termasuk market leader
produk outdoor yang ada di Indonesia, dengan demikian Eiger memiliki citra merek
yang kuat di Kabupaten Jember. Kondisi geografis Kabupaten Jember sesuai
dengan segmen produk dari Eiger sebagai penunjang kegiatan outdoor.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana
pengaruh green product dan green advertising terhadap minat beli melalui citra
merek produk Eiger di Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian
eksplanatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 160 responden yang dipilih
melalui purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Sumber
data dalam penelitian ini adalah data primer dengan cara menyebarkan kuesioner
secara langsung kepada responden terpilih. Instrumen penelitian menggunakan
analisis jalur dengan Statistical Program For Social Science (SPSS) versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Green product berpengaruh signifikan
terhadap citra merek produk Eiger di Jember, 2) Green advertising berpengaruh
signifikan terhadap citra merek produk Eiger di Jember, 3) Green advertising
berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk Eiger di Jember, 4) citra merek
berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk Eiger di Jember, 5) Green
product berpengaruh positif terhadap minat beli melalui citra merek produk Eiger
di Jember, 6) Green advertising berpengaruh positif terhadap minat beli melalui
citra merek produk Eiger di Jember. Temuan penelitian ini adalah bahwa produk
hijau tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli.