Penerapan Sistem Inferensi Fuzzy Mamdani untuk Menentukan Role Atlet E-sports Divisi Mobile Legends Bang-Bang
Abstract
Indonesia merupakan salah satu pendorong utama bagi perkembangan
industri e-sports di Asia Tenggara. Berdasarkan data dari Newzoo, 44% pemain di
Asia Tenggara memainkan Mobile Legends Bang Bang. Pada permainan Mobile
Legends, role merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai kemenangan.
Penentuan role pada permainan ini ditentukan dengan adanya klasifikasi
ketrampilan pemain. Penentuan role cukup sulit dilakukan karena adanya
kemiripan gameplay pada setiap pemain. Dalam penelitian ini, digunakan metode
fuzzy Mamdani yang merupakan suatu metode yang digunakan untuk menarik
sebuah kesimpulan dari permasalahan yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini
merupakan penerapan metode fuzzy Mamdani terhadap role pada permainan
Mobile Legends.
Data yang digunakan merupakan rekam jejak setiap pemain yang bersifat
numeris dan diperoleh dari penyeleksian di ESI Kota Kediri yang digunakan
untuk mengikuti kompetisi Kapolda Jatim Cup dan Kejurprov. Data tersebut
meliputi Winrate, Highest Rank dan Kill Death Assist sebagai variabel dalam
mengidentifikasi kelayakan seorang atlet pada role Jungler. Metode fuzzy
Mamdani terdiri dari empat tahapan yaitu fuzzyfikasi, aplikasi fungsi implikasi,
komposisi aturan dan defuzzyfikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah
dilakukan, bahwa hasil dari 30 data yang telah diuji coba menunjukkan 26 data
bernilai benar dan 4 data bernilai salah. Hasil pengujian tersebut menghasilkan
akurasi sistem fuzzy sebesar 86,67%.