| dc.contributor.author | ZAHRO, Aisyah Fatimatuz | |
| dc.date.accessioned | 2025-07-29T07:04:39Z | |
| dc.date.available | 2025-07-29T07:04:39Z | |
| dc.date.issued | 2024-12-17 | |
| dc.identifier.nim | 200210204063 | en_US |
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127583 | |
| dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 4 Agustus 2025_Kurnadi | en_US |
| dc.description.abstract | Media pembelajaran merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang
dapat mendukung keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan media
pembelajaran berbasis teknologi mampu mempermudah peserta didik dalam
memahami materi pembelajaran sekaligus mengenalkan manfaat teknologi pada
bidang pendidikan kepada peserta didik. Hasil wawancara dan observasi di SD IT
KIC Bondowoso, penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi masih jarang
digunakan. Selain itu, peserta didik terkadang merasa kesulitan mempelajari materimateri yang cukup kompleks jika tidak menggunakan media pembelajaran dalam
kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut diperlukan penelitian dan
pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman saat
ini seperti media pembelajaran berbasis augmented reality.
Berdasarkan permasalahan, maka rumusan masalah dalam penelitian ini
terdiri dari 2 hal yaitu, bagaimanakan proses dalam mengembangkan media
pembelajaran dan bagaimanakah kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan dari
pengembangan media pembelajaran. Berdasarkan rumusan masalah penelitian ini
akan menjelaskan bagaimana proses pengembangan media pembelajaran yang
mempunyai tingkat kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan yang baik untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V di SD IT KIC Bondowoso.
Kegiatan penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and
Development (R&D) dengan model ADDIE. Kegiatan penelitian dilakukan di SD
IT KIC Bondowoso. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu,
wawancara, observasi, angket, soal tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini yaitu, lembar wawancara, angket respon
peserta didik, soal tes, dan lembar validasi.
Hasil yang diperoleh pada penelitian pengembangan media pembelajaran
berbasis augmented reality yaitu, proses pengembangan media pembelajaran serta
kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media pembelajaran. Dalam
mengembangkan media pembelajaran menggunakan model pengembangan ADDIE
yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, yaitu: (1) analysis; (2) design: (3) development:
(4) implementation; dan (5) evaluation.
Media pembelajaran berbasis augmented reality divalidasi oleh 2 validator
yang terdiri dari 1 dosen PGSD Universitas Jember dan 1 Pendidik kelas V di SD
IT KIC Bondowoso. Hasil dari kegiatan validasi memperoleh skor sebesar 81,2
untuk validator ahli media dan 90,6 untuk validator ahli praktisi yang termasuk ke
dalam kategori sangat layak. Berdasarkan skor dari dua validator tersebut diperoleh
rata-rata skor sebesar 85,9 yang termasuk ke dalam kategori sangat layak. Uji
keefektifan dilakukan menggunakan data beda nilai pretest dan posttest peserta
didik dari kedua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) dan memperoleh skor
sebesar 64% yang termasuk ke dalam kategori keefektifan tinggi. Uji kepraktisan
dilakukan menggunakan data skor pengisian angket respon peserta didik terhadap
media pembelajaran berbasis augmented reality dan memperoleh skor sebesar 79%
yang termasuk ke dalam kategori praktis.
Saran yang dapat diberikan kepada pendidik yaitu temuan penelitian ini dapat
dijadikan sebagai inovasi dalam pengembangan media pembelajaran berbasis
teknologi. Bagi peneliti lain, temuan penelitian pengembangan ini dapat dijadikan
acuan atau referensi dalam kegiatan penelitian serupa serta media pembelajaran
berbasis augmented reality dapat dikembangkan dengan lebih luas lagi pada materi
pembelajaran lainnya. Bagi peserta didik, media pembelajaran berbasis augmented
reality ini dapat dijadikan sebagai sumber pendukung dalam mempermudah
mempelajari materi sistem pencernaan pada manusia dan nutrisi pada makanan. | en_US |
| dc.description.sponsorship | DPU: Agustiningsih, S.Pd., M.Pd
DPA: Kendid Mahmudi, S.Pd., M.Pfis | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember | en_US |
| dc.subject | Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality | en_US |
| dc.subject | Pencernaan Pada Manusia | en_US |
| dc.title | Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Berbasis Kartu Bergambar (Flashcard) pada Mata Pelajaran IPAS Topik 'Mengapa Kita Perlu Makan dan Minum?' di SD IT KIC Bondowoso. | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
| dc.identifier.pembimbing1 | Agustiningsih, S.Pd., M.Pd. | en_US |
| dc.identifier.pembimbing2 | Kendid Mahmudi, S.Pd., M.Pfis. | en_US |
| dc.identifier.validator | Rudy K | en_US |