• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh LKPD Berbasis Inkuiri Berbantuan Peta Vee Terhadap Kemampuan Penalaran Ilmiah Siswa pada Pembelajaran IPA di SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Elmi Yuniarti_200210104022 (5.708Mb)
    Date
    2025-01-15
    Author
    YUNIARTI, Elmi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan abad 21 mendorong peserta didik untuk aktif terlibat dalam proses belajar, yang berarti pembelajaran harus difokuskan pada siswa dengan pendekatan kolaboratif, kontekstual, dan terintegrasi. Salah satu keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah penalaran ilmiah. Proses berpikir ilmiah menjadi tuntutan bagi peserta didik dalam menyelesaikan berbagai masalah. Kemampuan berpikir ilmiah sangat krusial untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam pembelajaran sains, penalaran ilmiah digunakan untuk mempersiapkan siswa agar siap menghadapi tantangan global. Faktanya kegiatan pembelajaran kurang mengintegrasikan aktivitas penalaran ilmiah. Selain itu, penyebab rendahnya kemampuan penalaran ilmiah siswa adalah pembelajaran yang kurang sesuai, perlunya perbaikan dalam desain pembelajaran seperti model atau metode pembelajaran yang disesuaikan untuk melatih aktivitas kemampuan penalaran ilmiah siswa. Oleh karena itu, peneliti bermaksud menggabungkan model dan bantuan yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan penalaran ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA, khususnya materi getaran, gelombang, dan cahaya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengkaji pengaruh LKPD berbasis inkuiri berbantuan peta Vee terhadap kemampuan penalaran ilmiah siswa. Penelitian dilakukan di MTsN 2 Jember. Waktu pelaksanaan penelitian dilakukan di semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII dengan sampel terdiri dari dua kelas yang ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Jenis dan desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Pengumpulan data penelitian utama berupa tes yaitu pretest dan post-test untuk mengukur kemampuan penalaran ilmiah siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tes berisi 6 butir soal uraian materi getaran, gelombang, dan cahaya yang setiap butirnya mencakup satu aspek panalaran ilmiah. Data penelitian pendukung yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji normalitas yang dilanjutkan dengan uji beda dengan menggunakan uji independent sample t-test, kemudian dilanjutkan uji N-Gain untuk mengetahui seberapa besar peningkatan perlakuan. Hasil uji independent sample t-test yang didapatkan adalah nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji t-pihak kanan terhadap kemampuan penalaran ilmiah siswa diketahui nilai thitung > ttabel (13,370 > 2,320) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan perbandingannya terjadi nilai rata-rata yang lebih baik pada kelas eksperimen terhadap kelas kontrol. Selanjutnya berdasarkan uji NGain menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran ilmiah dengan menggunakan LKPD berbasis inkuiri berbantuan peta Vee pada kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 71,11% (cukup efektif) dibandingkan kelas kontrol hanya 12,58% (tidak efektif). Berdasarkan hasil analisis data yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis inkuiri berbantuan peta Vee berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan penalaran ilmiah siswa pada pembelajaran IPA di SMP.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127571
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15730]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository