dc.contributor.author | MA’RIFAH, Iqna’ul | |
dc.date.accessioned | 2025-07-18T01:54:44Z | |
dc.date.available | 2025-07-18T01:54:44Z | |
dc.date.issued | 2024-10-17 | |
dc.identifier.nim | 200210303061 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127453 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 18 Juli 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Model pembelajaran yang diterapkan dalam proses pendidikan berperan
penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bagi siswa
sehingga bisa menangkap materi pelajaran secara lebih baik. Model pembelajaran
konvensional belum memberikan pengaruh yang maksimal terhadap kemampuan
pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Self-Directed
Learning Berbantuan Mind Mapping dapat menjadi salah satu solusi dalam
mengatasi hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengkaji pengaruh
model pembelajaran Self-Directed Learning (SDL) berbantuan Mind mapping
terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa SMA. Jenis
penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan
metode kuasi eksperimen serta menggunakan desain penelitian Posttest Only
Control Group Design. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan
hasil rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas yang diberi
treatment ialah 74 sedangkan pada kelas yang tidak diberi treatment ialah 57,19.
Pada variabel hasil belajar kelas yang diberi treatment mendapat nilai rata-rata
70,76 sedangkan kelas yang tidak mendapat treatment ialah 53,75. Menurut hasil
uji hipotesis yang telah dilakukan didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000.
Sehingga dapat disimpulkan model Self-Directed Learning berbantuan Mind
mapping memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan
masalah dan hasil belajar siswa SMA. | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si
DPA: Bejo Apriyanto S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember | en_US |
dc.subject | Self Directed Learning (SDL) | en_US |
dc.subject | Mind Mapping | en_US |
dc.subject | Kemampuan pemecahan masalah | en_US |
dc.subject | hasil belajar | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Self-Directed Learning (SDL) Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa SMA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Geografi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Bejo Apriyanto S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | Rudy K | en_US |