Show simple item record

dc.contributor.authorARDAN, Ghilmanual
dc.date.accessioned2025-07-07T06:23:30Z
dc.date.available2025-07-07T06:23:30Z
dc.date.issued2025-01-21
dc.identifier.nim210210101140en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127201
dc.description.abstractPembelajaran merupakan interaksi yang melibatkan proses berpikir setiap individu. Pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang menitikberatkan proses pembelajaran pada siswa dengan cara dihadapkan dalam suatu permasalahan nyata yang pernah dialami (Ardianti et al., 2022). Menurut Saputra (2020), tahapan model pembelajaran berbasis masalah yaitu; 1) Orientasi masalah pada siswa, 2) Mengorganisasikan belajar siswa, 3) Membimbing pengalaman belajar siswa secara individu maupun kelompok, 4) Mengembangkan dan menyajikan hasil kerja siswa, 5) Menganalisis dan mengevaluasi hasil pemecahan masalah. Pemilihan model pembelajaran yang tepat merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan. Tidak hanya itu, kemampuan berpikir juga dapat mempengaruhi proses belajar siswa salah satunya kemampuan representasi matematis. Representasi matematis terdiri dari representasi visual, simbolik, dan verbal. Representasi visual dimunculkan dalam bentuk gambar, diagram, tabel, atau grafik, representasi verbal merujuk pada penggunaan bahasa lisan atau tulisan yang digunakan untuk mengkomunikasikan dan menginterpretasikan masalah pada awal dan akhir proses pemecahan masalah, kemudian representasi simbolik berkaitan dengan pembuatan model matematika dan penyelesaian masalah yang mengandung ekspresi matematika (dalam Setiati & Jumadi, 2023). Kemampuan representasi matematis menjadi fokus penting dalam proses pembelajaran sehingga perlu untuk ditingkatkan. Yew & Goh (2016) menyatakan bahwa pembelajaran berbasis masalah telah diadopsi secara luas di berbagai bidang dan konteks pendidikan untuk mendorong pemikiran kritis dan pemecahan masalah dalam situasi pembelajaran autentik. Penelitian Saputra (2020) menambahkan bahwa model pembelajaran pembelajaran berbasis masalah dapat mendukung ketercapaiannya kemampuan representasi matematis yang baik. Namun, implementasinya memerlukan peran guru sebagai fasilitator, bukan hanya tutor. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan metode kuantitatif dengan desain Control Group Pre-Test Post-Test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Genteng. Sampel penelitian berjumlah 31 siswa, yaitu kelas eksperimen dengan pengambilan sampel secara acak. Kelas eksperimen merupakan kelompok siswa yang diberikan perlakuan pembelajaran berbasis masalah. Analisis data penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan independent sample t-test. Diketahui nilai signifikansi uji normalitas pada kelas kontrol sebesar 0,652 > 0,05 dan 0,770 > 0,05 pada kelas eksperimen. Hasil ini menunjukkan sampel data kelas kontrol dan kelas eksperimen berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Diketahui nilai signifikansi uji homogenitas sebesar 0,968 > 0,05. Hasil ini menunjukkan varians kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah homogen. Hasil independent sample t-test kemampuan representasi matematis, diketahui nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,707 > 0,05, maka tidak terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata kemampuan representasi matematis siswa kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMP pada materi Perbandingan.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing 1 : Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Inge Wiliandani Setya Putri, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectKemampuan Representasi Matematisen_US
dc.subjectMateri Perbandinganen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII SMP pada Materi Perbandinganen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Inge Wiliandani Setya Putri, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 11 Februari,2025en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2025_07_tanggal 07en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record