Show simple item record

dc.contributor.authorRISTANTI, Lutfia
dc.date.accessioned2025-07-03T08:02:38Z
dc.date.available2025-07-03T08:02:38Z
dc.date.issued2024-10-25
dc.identifier.nim200210204086en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127062
dc.description.abstractPermasalahan yang ditemukan di sekolah yaitu guru masih menerapkan metode konvensional dan belum menerapkan metode yang menarik sehingga membuat siswa kurang memperhatikan saat pembelajaran. Saat pembelajaran bahasa Indonesia siswa mengalami kesulitan dalam menuliskan isi dan amanat dongeng sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan metode bercerita terhadap hasil belajar siswa menulis isi dan amanat dongeng kelas III SDN Gambor. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa uraian. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji t. Pada kelas eksperimen rata-rata skor pre-test sebesar 54,3 dan skor post-test sebesar 76,8 sedangkan selisih skor rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 22,5 yang berarti setelah diberikan perlakuan skor yang diperoleh siswa lebih tinggi. Pada kelas kontrol rata-rata skor pre-test sebesar 56,1 dan rata-rata skor post-test sebesar 67,7, sedangkan selisih skor rata-rata pada kelas kontrol sebesar 11,6. Pengumpulan data dianalisis dengan menggunakan uji-t maka diperoleh t tabel = 2,028 dan nilai t hitung = 9,218. Karena nilai t hitung > t tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode bercerita terhadap hasil belajar menulis isi dan amanat cerita dongeng siswa kelas III SDN Gambor.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectStorytellingen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectDongengen_US
dc.titlePengaruh Metode Pembelajaran Storytelling Berbantuan Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Menulis Isi dan Pesan Dongeng Kelas III SDN Gambor Banyuwangien_US
dc.title.alternativeThe Influence of Storytelling Learning Methods Assisted by Picture Story Book Media on Student Learning Outcomes in Writing the Content and Message of Fairy Tales for Class III Gambor State Elementary School Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Dra. Suhartiningsih, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.PFis.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Juli 2025en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2025_07_tanggal 01en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record