Pengaruh Model Role Playing Terhadap Nilai Sikap Gotong Royong Pada Mata Pelajaran PPKn Unit 5 Siswa Kelas IV SDN Yosorati 01 Sumberbaru Jember
Abstract
Model role playing merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa ikut serta berperan sebagai tokoh dalam peristiwa atau sesuai dengan drama yang akan diperankan guna mengembangkan emosional dan intelektual pada diri siswa. Gotong royong salah satu nilai karakter kebangsaan Indonesia yang ada dalam kehidupan masyarakat maupun kehidupan sehari-hari dan perlu ditanamkan pada anak sejak usia dini. Unit 5 PPKn yakni tentang pola hidup gotong royong sehingga membutuhkan keikutsertaan dan keterlibatan aktif setiap anggota agar bekerja sama memberi dampak positif terhadap suatu permasalahan yang dihadapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model role playing terhadap nilai sikap gotong royong pada mata pelajaran PPKn Unit 5 siswa kelas IV SDN Yosorati 01 Sumberbaru Jember. Jenis penelitian yaitu Quasi Eksperimental dengan pola Non-Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian semua siswa kelas IV yang berjumlah 50 siswa dari kelas IVA 25 siswa dan kelas IVB 25 siswa di SDN Yosorati 01 Sumberbaru Jember. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan independent sample t test karena menggunakan 2 kelas yang berbeda. Hasil dari independent sample t test menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5,182 > 1,677) pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model role playing terhadap nilai sikap gotong royong pada mata pelajaran PPKn Unit 5 siswa kelas IV SDN Yosorati 01 Sumberbaru Jember.