Show simple item record

dc.contributor.authorALFIA, Ariana
dc.date.accessioned2025-05-05T23:38:26Z
dc.date.available2025-05-05T23:38:26Z
dc.date.issued2023-11-17
dc.identifier.nim190210101054en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126163
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 6 Mei 2025en_US
dc.description.abstractPerkembangan teknologi saat ini telah memberikan pengaruh yang besar pada bidang pendidikan yang digunakan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran sehingga dapat memberikan motivasi belajar kepada siswa. Selain itu, kehadiran teknologi dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi melalui media yang lebih modern. Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dapat membantu meningkatkan efisiensi pembelajaran dan penyampaian isi materi. Sehingga penerimaan konsep oleh peserta didik lebih mudah untuk diterima dan dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika. Salah satu contoh media pembelajaran yang dapat digunakan adalah komik elektronik berbantuan GeoGebra. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang menghasilkan produk berupa komik elektronik dan applet GeoGebra yang dipublikasikan melalui Google Sites yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa pada materi translasi. Pada penelitian ini menggunakan komponen literasi matematika yang terdiri dari formulating, employing, interpret and evaluating. Prosedur penelitian yang digunakan yakni tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa media yang dikembangkan dalam penelitian ini telah memenuhi kategori penelitian pengembangan diantaranya valid dengan nilai koefisian korelasi α sebesar 0,88. Artinya kevalidan media sangat tinggi. Kategori praktis dengan rata-rata total seluruh indikator sebesar 4,09 dengan presentase 81,5%. Artinya, media bernilai praktis dengan kategori sangat baik. Dan kategori efektif dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,58511 dan tingkat keefektifan media bernilai sedang. Artinya, media bernilai efektif dan dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectGEOGEBRAen_US
dc.subjectKOMIK ELEKTRONIKen_US
dc.titlePengembangan Komik Elektronik Menggunakan Pixton Berbantuan GeoGebra dan Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Materi Translasien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Arif Fatahillah, S.Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Edy Wihardjo, S.Pd,, M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record